Kesehatan Adalah Amanah Jadi Tolong Jagalah

Hari ini sedikit pusing, karena kurang tidur. Semalam begadang main game sampai larut terus waktu mau tidur malah tidak bisa. Akhinya saya membaca buku "Spiritual Journey" karya Cak Nun. Ada hal yang menarik dan beberapa saya lingkari dengan pensil alis. salah satunya yaitu tentang Kesehatan Adalah Amanah Jadi Tolong Jagalah.

Amanah yang Allah beri terhadap tubuh kita tolong dijaga benar-benar. Jangan sampai kamu wiridan sampai lama hingga paru-parumu sakit. Lebih baik kita tidak wiridan atau wiridan sedikit saja. Karena, menjaga kesehatan adalah salah satu jenis wiridan juga.

Kunci menjaga kesehatan adalah niteni sekecil apapun gejala-gejala di tubuh kita. Saya akan tuliskan hasil seleksi bagian penting yang saya tandai dengan pensi alis. Empat rahasia tips sehat, tapi tolong jangan sampai rahasia ini di bocorkan kepada para koruptor dan tikus-tikus ibu kota.

Pertama, faktor utama kesehatan adalah menjalani cara hidup (pola hidup), pola makan, irama kerja-istirahat dan seterusnya yang membuat seluruh perangkat tubuh kita selalu memiliki daya tahan yang mencukupi untuk berperang melawan setiap potensi sakit dan serangan penyakit. Setiap orang bharus mengenali dirinya sendiri dalam konteks tersebut dan selalu saling bercermin satu sama lain.

Kedua, 70 persen sakit sumbernya dismanajemen hal diatas: potensi sakit dari dalam atau jasad keadaan sendiri tidak diantisipasi dengan pola hidup yang tepat, 20 persen penyakit datang dari luar. Kansnya 50:50 untuk dapat ditahan atau tidak. Yang 10 persen sakit atas perintah Allah untuk hukuman, peringatan atau ujian.

Ketiga, Pemahaman tentang sakit dari sehat terus dinamis dan berkembang. Setiap orang perlu menjadi dokter atau dukun bagi dirinya sendiri, kita harus pahami gejala-gejala yang timbul dalam tubuh kita, janagn sedikit -sedit protes sama Allah. Kalau seperti ini saya harus begini, kalau seperti kita harus pergi kesini dan seterusnya.

Keempat, Kalau kita sakit wiridan, iya tidak ada yang salah. Tapi, wirid dan zikir tidak boleh dijadikan andalan utama. Sebab, ia hanyalah salah satu alat atau senjata pertahanan subjek atau khalifah yang ditangannya terdapat berbagai konsep dan formula tentang kesehatan. Alat ini tentu saja sangat penting terutama untuk menembus perkenaan ajai Allah untuk membuat sakit atau sehat. bagi kita yang awam, ya hurus ke dokter ataupun cari pengobatan alternatif.

Pengecualian, kasus ini sering terjadi di daerah saya:

Sudah datang ke dokter tak terdiagnosa dan mencari pengobatan alternatif tak kunjung sembuh, tenyata penyebanya adalah santet. Ini selalu banyak pertentangan, oleh orang berdasi yang duduk di belakang kursi dengan segudang teori tanpa ada realisasi. Mereka tak percaya bahwa pisau dan gelati bisa masuk kedalam rongga hati seseorang. (itu santet atau curcol ya?he)

Begini saya punya cerita dan cerita ini benar adanya. Rosulullah SAW pernah di santet oleh janda Yahudi yang suaminya tewas dalam perang melawan pasukan Rosulullah SAW.

Dari cerita saya tersebut dapat kita ambil hikmahnya "jika Allah saja mengizinkan kekasih hatinya di santet orang, apalagi kita-kita ini. Raimu!!!

Kesehatan Adalah Amanah Jadi Tolong Jagalah. Karena menjaga amanah besar pahalanya.

Disqus Comments