Tips mencari ide menulis

Sebagai penulis, tentunya Anda pernah mengalami kendala kehilangan ide. Apalagi penulis pemula seperti saya. Rasanya sudah kehabisan akal untuk menulis. Kondisi yang demikian yang menjadi faktor penghambat menulis, terkhusus kepada penulis pemula. Mereka seolah-olah tidak memiliki ide lagi dan akhirnya mandeg/berhenti menulis.

Hal seperti tersebut diatas tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Menurut R.A Kartini (seorang penulis hebat dan sekaligus pahlawan yang luar biasa), "Ide tidak boleh di tunggu! Harus dicari! Harus dijemput, kemanapun! sehingga ide itu terus hadir dan hidup dalam diri kita".

Tips mencari ide menulis

Lalu bagaimana cara menjemput dan mencari ide tersebut? Berikut ini akan saya share sedikit tips menemukan menjemput dan mencari ide berdasarkan pengalaman saya. Sebagai sesama penulis pemula. Tentunya sebagai sesama pemula sudah selayaknya untuk saling berbagi informasi sehingga kelak kita akan menjadi penulis yang profesional. Amin

Pertama, berdasarkan pengalaman dan saran dari para penulis profesional yang diberikan kepada saya adalah mencatat. Jadi, catatlah apa yang Anda lihat. Mungkin bagi orang lain tidak penting, tapi bagi Anda sebagai seorang penulis, hal sekecil apapun bisa menjadi penting. Dengan kebiasaan mencatatat hal-hal kecil akan membiasakan Anda untuk memperhatikan sisi-sisi terkecil dari suatu hal, sehingga Anda dapat melihat sesuatu secara lebih koperhensif, tidak persial. Karena kita hidup di era modern, jadi kita tidak perlu susah payah membawa buku catatan, cukup dengan smartphone.

Tips mencari ide menulis

Kedua, Berpikir kritis. Prinsip dalam berpikir kritis bersikaplah "ada apanya" bukan "apa adanya" dalam melihat sesuatu hal. Biasakan untuk selalu berpikir kritis dalam melihat dan menanggapi suatu peristiwa. Misalnya, jangan mudah percaya dengan kebijakan pemerintah. Karena kita harus memahami, didalam kebijakan tersebut ada atau tidaknya kepentingan tertentu.

Tips mencari ide menulis

Ketiga, Banyaklah membaca. Tentunya Anda sudah tahukan? Jadi untuk masalah membaca mungkin sudah tidak perlu di jelaskan lagi. Membaca tidak sekedar menyerap ide dari tulisan orang lain, tetapi belajar bagaimana cara orang lain mencari dan menemukan ide tulisan tersebut. Karena begitu penting kebiasaan membaca bagi seorang penulis, maka akan terasa sulit mendapatkan ide jika Anda tidak pernah membaca.

Tips mencari ide menulis

Keempat, Lakukan penelitian. Dalam penelitian, tentunya Anda akan menemukan hal-hal baru, sehingga ide akan bermunculan. Jika Anda melakuakan penelitian maka, Anda harus ingat poin pertama, yaitu mencatatnya.

Tips mencari ide menulis

Jika tips-tips tersebut diterapkan saya yakin setiap hari Anda akan mendapatkan ide menulis. Mungkin bukan hitungan hari, mungkin jam, mungkin menit atau mungkin detik Anda dapat menemukan ide untuk menulis. Ahh entah lah saya tak pandai berandai-andai. Jadi jangan pernah katakan tidak ada ide untuk menulis.

Disqus Comments