Skip to main content

Tips kerokan yang manjur atasi masuk angin

Di era modern ini, kebanyakan banyak orang sudah tergantung dengan obat-obatan dari dokter. Masuk angin langsung pergi kedokter. Padahal ada pengobatan alternatif yang sudah terbukti sangat manjur dan sudah dipercaya selama berabad-abad oleh nenek moyang kita, kerokan atau kerikan (selanjutnya akan disebut kerokan). Yang di yakini berkhasiat namun belum juga terbukti secara medis.

Tips kerokan yang manjur atasi masuk angi

Berikut ini saya akan memberikat tips kerokan yang manjur untuk mengatasi masuk angin. Namun sebelumnya kita harus memperseiapkan alat untuk kerokan, berikut ini beberapa alat yang harus di persiapkan:

  1. Zat penghangat, bisa berupa balsem gosok, rheumason atau minyak kayu putih. Untuk anak kecil (balita) sebaiknya gunakan bawang merah.
  2. Koin untuk pengerok. Sebaiknya gunakan uang Rp 100 lama, 100 kuningan (yang katanya ada campuran emas), atau 500 kuningan. Hindari menggunakan koin yang berbahan alumunium (koin mata uang baru), karena memiliki sisi yang tajam.
  3. Tissue, atau lap untuk membersihkan koin saat kerokan.
  4. Tempat yang bersih, lapang, dan nyaman untuk berbaring.

Setelah mempersiapkan alat, maka kita lakukan persiapan untuk kerokan. Usahakan tubuh orang yang akan dikerok dalam keadaan bersih. Nah, sampai disini tidak ada pertanyaan kan?

Tips kerokan yang baik:
  1. Untuk mempersiapkan tubuh, agar tidak kaget saat dikerok, usapkan minyak gosok ke punggung terlebih dahulu.
  2. Mulailah mengerok dari punggung kanan, diawali dari 4-5 cm sebelah kanan tulang belakang ke arah luar. Arah pengerokan mengikuti tulang rusuk, menghasilkan garis melengkung.
  3. Koin agak ditekan, jangan terlalu kuat dan jangan terlalu lemah, yang sedang-sedang saja. Lakukan berulang-ulang dengan arah yang sama.
  4. Lanjutkan dengan bagian kiri yang sejajar dengan kerokan yang dilakukan di nomer 2 , Keterangan: saat kerokan ini, kadang-kadang daki terkumpul di ujung koin Gunakan tisu atau handuk untuk membersihkannya.
  5. Ulangi langkah tersebut, sekitar 2-3 cm dibawah kerokan sebelumnya. Usahakan tetap pada daerah diantara tulang rusuk. Begitu seterusnya sampai ke bawah.

Nah, jika tips tersebut di atas telah selesai dilakukan, maka setelah itu Anda usapkan lagi minyak gosok ke punggung, gunakan handuk untuk membersihkan sekaligus memijat punggung. Jangan mandi karena pori-pori yang terbuka dapat membuat semakin tidak enak badan.

Bagaimana? Apakah Anda pernah kerokan?


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar