Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Seorang guru, kita harus mengenal bermacam-macam metodelogi mengajar, agar kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan secara variatif, sehingga guru dan murid sama-sama semangat dalam menjalani proses KBM.

Metodelog mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan, sehingga proses belajar berjalan dengan baik dan tujuan pengajaran tercapai.

Agar tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik maka pendidik perlu mengetahui dan mempelajari beberapa metode mengajar, lalu mempraktikan pada saat mengajar. Ada beberapa metode mengajar yang perlu diketahui oleh pendidik.

Metode Ceramah
Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai jangkauan daya paham siswa.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Diskusi
Metode diskusi sebagai metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). 

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok pembahasan atau materi yang sedang disajikan.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Resitasi
Metode resitasi adalah suatu metode mengajar yang mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaan, kemudiaan hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan di evaluasi oleh guru.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Penggunaan metode ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri sebagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri. Setelah itu, siswa juga dapat terlatih dalam cara berpikir yang ilmiah. Dengan eksperimen, siswa dapat menemukan bukti kebenaran dari sesuatu yang sedang di pelajarinya.

Metode Karya Wisata
Metode karya wisata adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki, seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel mobil, toko serba ada dan sebagainya.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Discovery
Metode discovery merupakan suatu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Dengan menggunakan strategi penemuan, anak belajar menguasai salah satu metode ilmiah yang akan dapat di kembangkannya sendiri. Selain itu, dengan metode ini, anak juga bisa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Kebiasaan ini akan ditransfer dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Metode Inquiry
Metode inquiry adalah metode yang mampu menggiring peserta didik untuk menyadari apa yang telah didapatkan selama belajar. Inquiry menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar yang aktif. Kendatipun metode ini berpusat pada kegiatan peserta didik, namun guru tetap memegang peranan penting sebagai pembuat desain pengalaman belajar. Guru berkewajiban menggiring peserta didik untuk melakukan kegiatan. Kadang kala guru perlu memberikan penjelasan, melontarkan pertanyaan, memberikan komentar dan saran kepada peserta didik. Guru berkewajiban memberikan kemudahan belajar melalui penciptaan iklim yang kondusif, dengan menggunakan fasilitas media dan materi pembelajaran yang bervariasi.

Mengenal macam-macam metodelogi mengajar

Demikianlah metode-metode mengajar yang dapat saya sampaikan, kiranya sebagai seorang guru yang baik, setelah memahami metode-metode tersebut  kegiatan belajar mengajar (KBM) akan berjalan secara variatif.

Disqus Comments