Menganalisis perbedaan artikel dan makalah

Apa perbedaan artikel dengan makalah? Kurang lebih pertanyaan dari "Danti Puspita" atau yang kerap di panggil Pita kepadaku. Sebenarnya saya sendiri kurang paham menganai perbedaan keduanya, namun tengsin juga kalau tidak bisa menjawab. Karena secara akademis saya banyak mengenyam makanan bernutrisi sastra Indonesia dan sudah cukup kenyang juga dengan makalah. Jadi, saya jawab semampu mungkin.

Jawaban saya kira-kira seperti ini "artikel itu merupakan karangan faktual secara lengkap dengan tujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan serta mendidik, sedangkan makalah merupakan  sebuah karya tulis ilmiah." Tapi bahasa yang saya gunakan capur aduk sama bahasa Jawa. Kalau di tulisan ini saya sengaja menulis dengan bahasa Indonesia, agar di pahami oleh pembaca yang tidak bisa bahasa Jawa.



Setelah beberapa jam kemudian, saya masih kepikiran mengenai jawaban saya. Karena setiap pernyataan yang di kemukakan ada pertanggungjawabanya baik kepada Tuhan atau terhadap sesama mahkluknya. Oleh sebab itu akhirnya saya berusaha mencari perbedaan dari keduanya, dimulai dari buka-buka buku hingga mencarinya di internet.

Bedasarkan sumber yang dapat dipercaya dan dapat di pertangungjawabkan kebenarannya, pernyataan saya bisa dikatakan benar. Karena definisi artikel merupakan karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. sedangkan makalah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas tentang tema/topik tertentu yang berisi tentang ruang lingkup permasalahan, pembahasan, serta kesimpulan dari sajian pembahasan.



Sampai disini hati saya merasa lega, karena pernyataan saya benar dan ilmu yang saya sampaikan tidak menjerumuskan dan pada tulisan saya kali ini saya ingin menganalisis mengenai perbedaan antara artikel dan makalah secara lebih mendalam lagi.

Artikel
Artikel merupakan karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Artikel ini memiliki berbagai macam jenis, diantaranya sebagai berikut;

1. Artikel Eksploratif, merupakan jenis artikel yang mengungkapkan fakta-fakta berdasarkan kajian dari penulisnya

2. Artikel Eksplanatif, merupakan jenis artikel yang menerangkan sesuatu.         

3. Artikel Deskriptif, merupakan jenis artikel yang menggambarkan suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat

4. Artikel  Prediktif, merupakan jenis artikel yang berisi perhitungan atau ramalan tentang apa yang bakal terjadi di saat nanti berdasarkan perhitungan penulisnya.

5. Artikel Preskriptif, merupakan jenis artikel yang memberi tuntunan kepada pembacanya untuk melakukan sesuatu sehingga tidak mengalami kekeliruan atau kesalahan.



Setelah mengetahui jenis dari artikel, kita juga harus mengetahui struktur dari artikel. Karena sebuah artikel yang baik itu harus tersetruktur. Struktur dari pada artikel terdiri dari; Judul, Kata kunci, Pendahuluan (berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, teoritis yang mendukung tanpa sub judul, Metode penelitian, Kesimpulan dan saran dan Identitas Penulis.

Beberap penulis senior mengatakan ada beberapa kaidah dalam penulisan artikel, antara lain;
  • Menulis Jelas dan Ringkas
  • Mengindari jargon dan istilah teknis, istilah asing
  • Menghindari akronim dan singkatan
  • Membuat kalimat/paragraf sederhana
  • Menulis dengan kata kerja aktif

Makalah
Merupakan karya tulis ilmiah yang membahas tentang tema/topik tertentu yang berisi tentang ruang lingkup permasalahan, pembahasan, serta kesimpulan dari sajian pembahasan.
Seperti artikel, makalah juga memiliki berbagai macam jenis. Berikut ini jenis-jenis dari makalah;



1. Makalah Ilmiah
Makalah Ilmiah pada umumnya dipakai bagi karya tulis hasil studiilmiah yang berisi masalah dan pembahasan. Perlu diperhatikan bahwadilihat daris segi prinsip dan prosedur ilmiahnya, makalah ilmiahnyamenyerupai laporan penelitian sederhana. Makalah ilmiah biasanyaditulis sebagai suatu saran pemecahan masalah secara ilmiah. Sudahbarangtentu, penulis makalah ilmiah memerlukan studikeperpustakaan dan ini terlihat pada revenisi yang dicantumkan.

2. Makalah Kerja
Makalah Kerja pada umumnya dibaca pada seminar makalah kerjadisampaikan dalam bentuk argumentasi dalam suatu hasil penelitian.Dalam makalah kerja yang dibacakan itu harus ada masalah.Penyampai makalah kerja sudah memasukkan asumsi dan hipotesisuntuk menjawab masalah. Berdasarkan isi makalah demikian, timbulahdiskusi.

3. Makalah Kajian
Istilah ini dipakai untuk karya tulis ilmiah yang merupakan saranpemecahan suatu masalah yang kontroversial tanpa maksud untukdibaca dalam suatu seminar.



berdasarkan pengalaman di bangku perkuliahan, dalam penulisan makalah juga harus tersetruktur. Berikut ini struktur makalah;
1. Judul, judul ini dilengkapi dengan nama pemakalah.
2. Abstrak, dilengkapi dengan kata kunci (biasanya kata kunci ini adalah kata yang unik).
3. Batang tubuh makalah yang meliputi:
  • Pendahuluan (yang dapat dijabarkan/dibuat subbab yang lebih terinci lagi, sperti latar belakang , batasan masalah, tujuan, dan sebagianya.
  • Metode
  • Hasil dan Pembahasan
  • Simpulan
  • Persantunan/Pengakuan
  • Daftar Pustaka



Kiranya pembahasan mengenai analisis perbedaan artikel dan makalah di atas dapat dipahami secara bijaksana. Serta saya mengucapakan terima kasih kepada yang bertanya, karena pertanyaanmu membuat saya belajar dan lebih memahami perbedaan dari keduanya.

Disqus Comments