Mari tertawakan diri sendiri

Pernahkah Anda menjadi bahan tertawaan orang lain? Menjadi bahan lelucon orang lain tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Anda tentunya akan mengeluarkan reaksi tersinggung bahkan Anda bisa marah.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang bisa menertawakan dirinya sendiri memiliki kesejahteraan psikologis yang tinggi. Temuan ini, bertentangan dengan penelitian yang sebelumnya tentang psikologis dalam humor. Hingga saat ini, sebagian besar literatur penelitian menjelaskan bahwa menjadikan dirinya sebagai bahan lelucon dikaitkan dengan efek psikologis yang negatif.



Penelitian dilakukan dengan model teoritis yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan dan melengkapi psikologi humor dengan temuan yang baik, dan tentunya dengan pengetahuan teoritis yang akurat juga. Kendati demikian, para peneliti juga menunjukkan bahwa gaya humor tertentu bisa digunakan untuk menyembunyikan maksud dan perasaan negatif.





Menertawakan diri sendiri dikaitkan dengan kecenderungan yang lebih besar untuk menekan kemarahan. Namun, hal ini tidak berarti bahwa kemarahan terhadap orang lain berkurang, hanya tidak secara langsung menyatakan reaksi kemarahan tersebut.

Disqus Comments