Apa arti sebuah nama?


“Apa arti sebuah nama.
Mawar, meski tanpa nama pun
Akan tetap menawan”

Sekilas kalimat diatas indah. Jika tidak salah, kalimat itu merupakan kata-kata Romeo Montaggue dalam film Romeo Juliet. Kenyataannya tidaklah demikian, apalagi bagi seorang muslim. Nama merupakan identitas diri dan menjadi pengenal di akherat kelak. Nanti kita akan dipanggil dengan nama kita atau nama bapak-bapak kita.



Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya kamu akan dipanggil dihari kiamat kelak dengan nama-nama kamu dan nama bapak-bapak kamu” (HR. Abu Daud).

Nama merupakan penghargaan dan hak anak setelah lahir dari rahim ibu. Nabi Muhammad SAW, demikian perhatian tehadap masalah nama ini. Dalam sebuah hadist dikatakan “Namakanlah (anak-anak kamu) dengan nama-nama para nabi. Dan nama-nama yang paling dicintai Allah ta’ala adalah Abdullah dan Abdurrahman. Dan yang paling benar namanya adalah Harith dan Hammam, serta yang paling buruk namanya adalah Harbun dan Murrah” (HR. Abu Daud).



Maka dengan demikian, hendaklah seorang ayah atau ibu memberikan nama yang baik sesuai dengan anjuran Nabi. Karena nama merupakan do’a bagi si anak. Jadi, sudah kewajiban ayah dan ibu mendo’akan anak yang bagus.

Setelah membaca tulisan diatas, Masihkah Anda menggap nama itu tak berarti?

Disqus Comments