Macam variabel penelitian

Menurut hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain, maka macam-macam variabel dapat dibedakan menjadi:
1. Variabel independen
Variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut variabel bebas. Variabel bebas adalah merupakan cariabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat). Dalam SEM (Struktural Equation Modeling), Variabel independen disebut variabel eksogen.

2. Variabel dependen
Sering disebut sebagai variabel output, kriteria, konsekuen. Dalam bahasaIndonesia sering disebut sebagai variabel terikat. Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya adanya variabel bebas. Dalam SEM ( Struktural Equation Modeling), Variabel dependen disebut variabel indogen.





3. Variabel moderator
Adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Variabel moderet disebut juga variabel dependen ke dua. Hubunganperilaku suami dan istri akan semakin baik (kuat) kalau mempunyai anak dan akan semakin renggang kalau ada pihak ke tiga ikut mencapuri. Disini anak adalah variabel moderator yang memperkuat hubungan dan pihak ketiga adalah sebagai variabel moderator yang memperlemah hubungan.





4. Variabel intervening
Adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen, tetapi tidak dapat diamati dan diukur. Variabel ini merupakan variabel penyela antara yang terletak diantara variabel independen dan dependen, sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.





Pada contoh berikut dikemukakan bahwa tinggi rendahnya penghasilan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap harapan hidup (panjang pendeknya umur). Dalam hal ini ada variabel antaranya, yaitu yang berupa gaya hidup seseorang. Antara variabel penghasilan dengan gaya hidup, terdapat variabel moderator, yaitu budaya lingkungan tinggal.

5. Variabel kontrol
Variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak di teliti. Variabel kontrol sering digunakan oleh peneliti bila akan melakukan penelitihan yang bersifat membandingkan, melalui penelitihan eksperimen.

Contoh:
"Pengaruh jenis pendidikan terhadap ketrampilan pemasaran. Variabel independennya pendidikan (SMU dan SMK), variabel kontrol yang di tetapkannnya sama misalnya, adalah prodik yang di pasarkannya sama, lokasi pemasaran sama, alat-alat yang digunakan sama, ruang tempat pemasaran sama."





Dengan adanya variabel kontrol tersebut, maka besarnya pengaruh jenis pendidikan terhadap kemampuan pemasaran dapat diketahui lebih pasti.

Demikianlah macam-macam variabel dalam penelitihan. Semoga bermanfaat.
Sekian dan terima kasih.

Disqus Comments