Skip to main content

Tidur yang berkualitas

Tidur yang berpengaruh sangat postif bagi manusia adalah tidur yang berkualitas. Salah satu ciri tidur yang berkualitas antara lain kondisi yang terlelap atau biasa disebut "tidur nyenyak". Tidur yang lelap akan memberi efek penting dalam kehidupan manusia. Tidur yang berkualitas dapat memberi kemampuan pada seseorang untuk mengambil keputusan secara baik, bijak dan optimal.

Tidur yang berkualitas juga bisa memberi ketentraman hidup sebagai firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Anfaal (8) ayat 11;

Artinya: "Ingatlah ketika Allah menjadikan tidurmu sebagai salah satu cara untuk memperoleh ketentraman".

Bahwa selain durasi tidur, kualitas tidur juga sangat penting untuk menekan resiko penyakit jantung dan penyakit pembulu darah, termasuk juga resiko terkena penyakit-penyakit infeksi menular. Daya tahan tubuhnya bekerja optimal saat seseorang tidur secara baik.

Berbagai vitamin mungkin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi tanpa tidur yang baik tidak ada satu zat pun yang dapat menggantikan efek restoratif tidur. Jadi, tidak ada jalan lain, kecuali mencukupi tidur saat kantuk menyerang. Angka kecelakaan di jalan raya, sedekemian sangat tinggi yang di akibatkan oleh pengendara yang kekurangan tidur atau kelelahan. Seseorang berkendara dalam kondisi terserang kantuk tentu sangat berbahaya. menyetir dalam kondisi mengantuk sama bahayanya dengan menyetir dalam kondisi mabuk.

Tidur yang cukup dan berkualitas tentu mampu memulihkan diri dari rasa lelah, baik jasmani maupun rohani. Selain itu, tidur yang berkualitas membuat organ-organ tubuh menjadi rileks, sehingga menetralkan kerusakan yang terjadi pada organ-organ tubuh itu karena aktivitasnya sehari-hari yang menguras energi dan tenaga. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eve Van Cauter seperti dilansir Proceedings of The National Academy of Sciences. Menurut Eve, tidur lelap dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan.

Pola hidup yang sehat, dalam konteks ini, juga sangat berkaitan dengan pola tidur seseorang. Seseorang akan bisa meraih hidup yang sehat dengan pola tidurnya juga baik. Baik disini dalam arti seseorang mampu melakukan aktivitas tidur dalam intensitas yang cukup dan mampu melakukannya secara nikmat dan berkualitas.

Sekian dan terima kasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar