Pentingnya program pengembangan kepemimpinan di organisasi

Organisasi menyiapkan pemimpinnya secara terencana dan sistematis. Alih-alih berpikir bahwa seorang pemimpin akan muncul dengan sendirinya pada saat dibutuhkan, jauh akan lebih konstruktif jika berpikir bahwa pemimpin sudah siap saat perubahan membutuhkannya.

Selain itu, dengan pengembangan talenta kepemimpinan yang baik, organisasi akan menghasilkan pemimpin yang mengadopsi nilai-nilai yang baik. Jika para pemimpin organisasi memiliki nilai dan persepsi yang sama, maka ayunan langkah perubahan pun akan lebih seirama dan lebih menjamin keberhasilan.

Menurut saya, pentingnya program pengembangan kepemimpinan di organisasi, dengan memperhatikan dua hal dibawah ini:
1. Selain menghasilkan orang-orang kompeten dibidangnya, program pengembangan kepemimpinanhendaknya juga mengasah ketrampilan interpersonal. Kemampuan memotivasi dan mengembangkan hubungan positif dengan anak buah, tampaknya banyak dituntut dari pemimpin di Indonesia. Hal ini tidak bisa di pelajari semata-mata dari latihan di dalam kelas. Cara paling efektif adalah melalui on the job training. Sisem mentoring dijlankan dengan sistematis yang memungkinkan terjadinya proses coaching dan role modeling secara maksimal.

2. Kepekaaan terhadap pengaruh budaya kepada pemimpin, dapat difokuskan pada pemahaman budaya asala pemimpin, serta pengenalan budaya konteks tempat bekerja. Latihan-latihan self-awareness sebagai aspek kepemimpinan diri ini sudah cukup dikenal. Namun demikian, akan lebih baik jika latihan ini juga dimasukan komponen own culture awareness, yang bertujuan membuka wawasan pemimpin terhadap bias dan asumsi budaya asalnya, yang dapat menjadi kendala efektifitas kepemimpinannya.

Dengan kesadaran kritis tentang budaya asal dan pengaruhnya terhadap diri, sang pemimpin dapat melangkah untuk memahami konteks budaya organisasi atau bawahan yang akan di pimpinya. Hal ini akan menjadi sangat penting, jika ada seorang pemimpin ditugaskan kedalam konteks budaya yang berbeda.

Setelah memperhatikan dua hal tersebut, kiranya program pengembangan kepemimpinan di organisasi akan berjalan dengan baik dan tentunya akan menghasilkan pemimpin yang baik pula.

Sekian dan terima kasih

Disqus Comments