Mengulang kesalahan yang sama

Bicara masalah kesalahan, sudah pasti hampir semua orang di dunia ini pernah mengalaminya. Namun kadang ada seseorang yang mengulang kesalahan yang sama.

Saya pernah mendengar pepatah:
"Keledaipun tidak pernah tersandung oleh batu yang sama"
Dengan demikian, dapat diartikan jika keledai tersebut tidak pernah mengulangi kesalahanya.


Tapi mengapa manusia sering sekali mengulangi kesalahan yang sama? Mungkin karena kita terlalu mudah memafkan, sehingga ia akan mudah mengulangnya lagi dan meminta maaf lagi dan mengulanginya lagi dan seterusnya.

Mengapa sudah minta maaf tapi masih mengulanginya lagi? Karena, permintaan maaf tersebut tanpa di iringi dengan penyesalan dan di ikuti dengan upaya merubah dan memperbaiki diri.

Saya tidak akan berbicara banyak dan panjang lebar, karena saya pun bukan manusia yang sempurna dan terlepas dari kata salah. Kesalahan adalah pengalaman yang sangat berharga, dan pengalaman adalah guru terbaik di dunia ini.

Namun perlu di ingat, pengalaman mengenai kesalahan itu tidak perlu di ulang. Karena kesalahan itu sudah seharusnya harus di perbaiki bukan untuk di ulang. Maka upaya perbaikan-perbaikan tersebut harus dilakukan agar sikap dan prilaku kita tidak lalai, sehingga kita dapat terhindar dari kesalahan yang sama.

Sekian dan terima kasih

Disqus Comments