Macam disiplin seorang guru

Sebagai seorang pendidik, guru wajib memiliki sikap disiplin. Disiplin sebagai seorang guru terdiri dari banyak hal, Antara lain:
1. Disiplin waktu
Disiplin waktu menjadi sorotan utama seorang guru. Waktu masuk sekolah biasanya menjadi parameter utama kedisiplinan seorang guru. Kalau dia masuk sebelum bel dibunyikan berarti dia orang yang displin dan kalau dia masuk setelah bel dibunyikan maka dia tidak displin, menyalahi aturan sekolah yang sudah ditetapkan.

Macam disiplin seorang guru

Karena itu, jangan menyepelehkan displin waktu ini. Usahakan tepat waktu ketika datang pada jam masuk sekolah. Begitu pula dengan jam mengajar, kapan masuk dan kapan keluar, harus sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan agar tidak mengganggu jam guru lain.

2. Disiplin menegakkan aturan
Disiplin menegakkan aturan sangat berpengaruh kepada kewibawaan guru. Model pembiasaan sanksi yang diskriminatif harus ditinggalkan. Murid sekarang ini cerdas dan kritis, sehingga kalau diperlakukan semena-mena dan pilih kasih, mereka akan memakai cara mereka sendiri untuk menjatuhkan harga diri guru. Selain itu, pilih kasih dalam memberikan sanksi sangat dibenci oleh agama. Keadilan harus ditegakkan dalam keadaan apapun. Karena, keadilan itulah yang akan mengantarkan kehidupan kearah kemajuan, kebahagiaan dan kedamaian.

3. Disiplin sikap
Disiplin sikap mengontrol mengontrol perbuatan diri sendiri menjadi 'strating point' untuk menata prilaku orang lain. Disiplin dalam sikam membutuhkan latian dan perjuangan. Karena, setiap saat banyak hal yang menggoda kita untuk melanggarnya.

Dalam melaksanakan disiplin sikap ini, kita tidak boleh mudah tersinggung dan cepat menghakimi seseorang hanya karena persoalan sepele. Selain itu, kita juga harus mempunyai keyakinan kuat bahwa tidak ada yang bisa menjatuhkan diri kita sendiri kecuali kita. Kalau kita disiplin memegang prinsip dan prilaku dalam kehidupan ini, niscaya kesuksesan akan menghampiri kita.

4. Disiplin dalam beribadah
Menjalankan ajaran agama juga menjadi parameter utama dalam kehidupan ini. Sebagai seorang guru, menjalankan ibadah adalah hal krusial yang sangat penting. Kalau guru menyepelkan masalah agama, muridnya akan meniru, bahkan lebih dari itu, tidak menganggap agama sebagai hal penting.Oleh karena itu, kedisiplinan guru dalam menjalankan agama akan berpengaruh terhadap pemahaman dan pengalaman murid terhadap agamanya.

Apabila kita cermati bersama. Ternyata kedisiplinan guru memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan muridnya. Maka sebagai guru yang bijak, ia akan mampu menerapkan kedisiplinan dan sebagai efek timbal baliknya kita Anda akan dijadikan teladan baginya.

Sekian dan terima kasih

Disqus Comments