Skip to main content

Bentuk bahasa

Menurut Sapir, keberadaan bentuk bahasa dalam satu bahasa merupakan suatu sistem acuan yang sempurna. Iya berpendapat ada dua pengertian yang patut diperhatikan dalam mempelajari bentuk basah, yaitu: 

1. Konsep dasar yang diberikan suatu bahasa
2. Metode formal, tempat konsep dasar itu dihubungkan dan dimodifikasi


Dijelaskan bahwa tidak terdapat hubungan dasar antara proses dengan arti karena proses itu ada pada setiap bahasa, maksudnya proses itu ada kalau diusahakan. Contoh bantal-nyanyian. Kita tidak melihat hubungan yang bermakna antara kedua kata itu kalau di coba diberikan akhirnya akan menimbulkan arti yang berbeda-beda dan itu. Kalau dicoba diberikan, akhirnya akan menimbulkan arti yang berbeda-beda, dan itupun tentunya telah melalui proses tertentu, dengan kata lain tidak terdapat hubungan secara otomatis antara keduanya.

Pandangan Sapir terhadap klasifikasi bahasa dapat dijelaskan sebagai berikut. Menurut Sapir, bahasa dapat diklasifikasikan yang khususnya digunakan di dalam berkomunikasi atau menurut keduanya.

Dapat pula bahasa itu diklasifikasikan dengan cara, mula-mula mengklasifikasikannya menurut kesamaan sifat-sifat yang mereka miliki, kemudian menurun ke sifat-sifat yang lebih kecil-kecil.

Sekian dan terima kasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar