Warga Sukogelap Sudah Tidak Kesulitan Mencari Air Bersih

Desa Sukogelap merupakan salah satu desa di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo yang melaksanakan program Pamsimas 3 tahun 2017.

Setelah dilaksanakan proses identifikasi masalah dan analisa situasi oleh KKM Suko Jaya Desa Sukogelap didampingi oleh tim fasilitator masyarakat. Pengadaan air bersih yang pernah gagal di laksanakan di Desa Sukogelap disebabkan kualitas pipa yang tidak memenuhi standar, kemudian masalah ini yang di jadikan sasaran program Pamsimas 3, dengan alasan rehab.

Warga Sukogelap Sudah Tidak Kesulitan Mencari Air Bersih

Masyarakat Desa Sukogelap jika ingin mendapatkan air bersih harus berjalan sejauh 1 kilo meter menuju sumber mata air, bahkan untuk menempuhnya harus berjalan kaki, mendaki gunung dan menuruni tebing terjal. Masyarakat hanya bisa mengambil dengan menggunakan ember saja setiap harinya, karena debit airnya terbatas. Hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan mereka setiap hari.

Dengan adanya program Pamsimas 3, masyarakat Desa Sukogelap serta aparat pemerintahnya sangat mengharapkan agar setelah program Pamsimas 3 dilaksanakan maka mereka tidak jauh lagi untuk mengambil air bersih.

Program Pamsimas 3 dilaksanakan dengan adanya kontribusi masyarakat berupa in cash dan in kind. Adapun kontribusi in cash masyarakat Desa Sukogelap dilaksanakan dengan pengumpulan dari pintu ke pintu yang dilakukan oleh KKM Suko Jaya.

Kontribusi in kind dilakukan oleh anggota KKM dan seluruh masyarakat Desa Sukogelap. Kontribusi in kind inipun dilakukan masyarakat berupa tenaga yang dilakukan dengan perjuangan dan keikhlasan naik turun gunung mengangkut alat dan bahan yang diperlukan untuk membangun sarana air bersih.

Warga Sukogelap Sudah Tidak Kesulitan Mencari Air Bersih

Kontribusi ini tidak hanya dilakukan oleh laki-laki tapi juga perempuan, hal ini dilakukan karena warga sangat membutuhkan air bersih. Dengan demikian sudah sepatutnya, warga harus bekerja sama dan bekerja keras untuk membangun sarana air bersih untuk kepentingan bersama.

Dari awal dimulainya pekerjaan yakni pengangkutan bahan dan alat, pemasangan pipa sampai ke pembangunan sarana yang telah direncanakan, semua terlaksana berkat kontribusi masyarakat Desa Sukogelap dan dukungan dari Kepala Desa Sukogelap.

Bulan September 2017 sarana air bersih telah dekat dengan masyarakat dan masyarakat sangat berterima kasih kepada Fasilitator, KKM, Kapala Desa serta dinas-dinas terkait karena telah memperhatikan masyarakat Desa Sukogelap.

Terimakasih Pamsimas 3

Disqus Comments