Serah Terima Pamsimas III Desa Sukogelap KKM Suko Jaya TA. 2017

Akhirnya masyarakat Desa Sukogelap bisa bernafas lega. Pasalnya, sarana dan prasarana air minum dan sanitasi sudah bisa dimanfaatkan tanpa perlu bersusah payah menyusuri jalan mengambil air. Pada Senin lalu, digelar acara serah terima di Balai Desa Sukogelap Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah. Serah terima ini dimulai dari Koordinator KKM menyerahkan hasil pekerjaannya kepada PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo, dari PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo kepada Kepala Desa Sukogelap kemudian dari Kepala Desa kepada Ketua BP SPAMS.

Serah Terima dari Koordinator KKM kepada PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo.
 
Serah Terima dari Koordinator KKM kepada PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo

PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo Kepada Kepala Desa Sukogelap

PPK Pamsimas Kabupaten Purworejo Kepada Kepala Desa Sukogelap

Kepala Desa Sukogelap Kepada Ketua BP SPAMS

Kepala Desa Sukogelap Kepada Ketua BP SPAMS

Namun keberhasilan ini tidaklah semudah yang terlihat. Banyak hambatan dan rintangan yang terjadi seperti pada waktu pelaksanaan di Desa Sukogelap Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah. Mulai dari medan yang terjal yang sulit di jangkau sampai dengan kendala keuangan dan lain-lain. Namun masyarakat Desa  Sukogelap tidak patah arang dan tetap semangat untuk membangun sarana air bersih dan sanitasi ini.

Yang jelas saat ini masyarakat tidak takut kekurangan air lagi, serta tidak perlu mengangkut air yang jauh jaraknya.

Dari dana APBDes yang dianggarkan di dusun  tersebut, dimanfaatkan secara optimal oleh KKM dan Satlak. Masyarakat juga mau bergotongroyong menggali lubang untuk pipa ke kran umum. Setelah kerja keras berbagai pihak akhirnya selesai juga kegiatan perluasan SPAMS di Desa Sukogelap. 

Kemudahan terhadap akses air bersih ini juga mendorong masyarakat merubah perilaku hidup bersih dan sehat.

Tokoh masyarakat setempat juga berharap  BP SPAMS yang akan melanjutkan estafet pengelolaan sarana air minum dan sanitasi ini, benar-benar bekerja dengan maksimal dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait.

Disqus Comments