Jangan Tidur Sore Hari !!!

Tidur menjadi satu kebutuhan penting setiap manusia untuk memperlancar metabolism tubuh. Seseorang yang jarang tidur atau tidak memenuhi standar kualitas tidur akan merasa kurang sehat atau kurang bugar. Jika diamati, setiap orang membutuhkan waktu istirahat selama kurang lebih 8 jam setiap hari. Jika mendapat waktu tidur kurang dari 8 jam bisa ditambah dengan asupan nutrisi dari luar berupa buah dan makanan bernutrisi tinggi.

Sebagian orang akan tertidur pada waktu tertentu setiap harinya mulai dari siang, sore, dan malam. Jika tubuh dalam kondisi lelah maka proses istirahat akan semakin cepat, namun ada satu kondisi dimana tubuh tidak merasa ngantuk meskipun kondisi tubuh dalam keadaan prima, seperti saat pikiran merasa stress, cemas, dan depresi.
Namun tahukah Anda tidur di waktu sore hari ternyata menimbulkan efek yang negatif. Berikut ini akan saya jelaskan efek negatif tidur di sore hari:
  1. Jam biologis kita terganggu
    Dapat menimbulkan disorientasi waktu, maksudnya saat bangun tidur Anda tidak bisa membedakan hari sudah malam atau pagi, sebab saat tidur sore hari Anda mengalami perubahan suasana dari sore hari (masih terang) menjadi petang (gelap), akibatnya saat bangun kita dipaksa untuk berpikir, ini pagi atau malam? Sedang sebenarnya saat Anda tidur otak ini berpikir di alam bawah sadar, ketika terbangun Anda dipaksa untuk berpikir sadar secara mendadak.

    Secara natural alam bawah sadar akan mengatakan bahwa Anda bangun pada pagi hari akan tetapi secara pikiran sadar (saat bangun) kita menganggap bahwa bangun saat malam hari. Jam biologis otak tidak sinkron lagi, menjadi bingung. Jika hal ini diulangi terus-menerus, kemungkinan otak akan mengalami disorientasi waktu.
  2. Dikhawatirkan Tidak  Shalat Maghrib
    Tidur setelah waktu shalat Ashar dikhawatirkan membuat bablas shalat Maghrib dan Isya. Untuk menghindari hal itu, jika tetap mau tidur selepas sholat asar, usahakan bangun sebelum matahari mulai terbenam. Sehingga Anda tidak mengalami perubahan suasana dari terang menjadi gelap, misalkan bangun pukul 17.00. Dengan begitu, jam biologis tidak akan terganggu.
  3. Meningkatkan perubahan negatif  pada hormon
    Karena proses saat bangun di sore hari membebankan keadaan stress pada bagian tubuh. Terdapat pula penelitian yang menyebutkan bahwa tidur sore juga dapat membuat seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk.

    Berdasarkan peneliti dari Huazhong University of  Science and Technology di China juga menemukan bahwa tidur disiang hari tidak boleh lebih dari 30 menit. 24% dari orang yang sering tidur siang hingga sore hari memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan 19% dari mereka yang tidak pernah tidur di waktu tersebut. Hasil penelitian yang ditemukan pun menyebutkan bahwa tidur sore hari dapat menurunkan tingkat ingatan seseorang.

    Para ilmuwan mengatakan tidur sore yang kurang dari 30 menit atau tidak tidur sore sama sekali dapat mengurangi kemungkinan orang terkena diabetes. Dari penelitian disimpulkan bagi yang biasa tidur sore akan beresiko tinggi terkena penyakit diabetes, apalagi mereka yang kurang berolah raga.

    Selain itu, seseorang yang tidur siang terlalu lama, maka pada malam harinya cenderung akan mengalami kesulitan tidur. Dengan adanya perubahan jam tidur, otomatis mengganggu siklus tubuh selama 24 jam, dan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi insulin.
Demikianlah beberapa hal negatif yang di timbulkan dari tidur di sore hari. Semoga setelah membaca tulisan ini Anda tidak melakukannya. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments