Ingin Jadi Penulis

Menulis adalah cara terampuh untuk mengekspresikan perasaan, pikiran, emosi, dan opini. Bagi sebagian orang, menulis juga bisa menjadi terapi ketika Anda melewati hari yang melelahkan dan menuangkan perasaan dalam sebuah tulisan.

Tulisan-tulisan Anda akan menjadi kawan rahasia Anda. Meski, sebagian orang juga memilih karir profesional sebagai penulis yang tentu saja, peluangnya sangat terbuka lebar hingga kini dengan perkembangan berbagai jenis media, terutama di ranah digital.

Namun perlu Anda ketahu, menulis bukanlah perkara yang mudah, karena perlu berlatih dari hari ke hari serta disiplin dan konsisten dalam menulis konten-konten terbaru. Cermati beberapa tips berikut ini jika Anda ingin menjadi seorang penulis.
  1. Buatlah menulis menjadi sebuah kebiasaan
    Untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, maka Anda perlu melakukannya atau berlatih setiap hari. Anda bisa menuliskan hal apa saja, seperti esai, website/blog dan lain sebagainya. Ada bagusnya Anda juga membuat poin-poin sebelum menulis, agar struktur tulisan Anda menjadi lebih rapi. Menuliskan hal-hal yang membuat Anda senang juga bisa menumbuhkan daya kreatif.
  2. Simpan ide dengan baik
    Jika Anda memiliki banyak ide-ide yang menarik, maka tak ada salahnya Anda mencatat ide - ide tersebut. Jangan sesekali meremehkannya dan memiliki pemikiran untuk dikerjakan nanti-nanti, hingga akhirnya Anda sendiri lupa akan ide tersebut. Seorang penulis yang baik, mereka selalu mencatat/menyimpan ide-ide mereka baik di buku catatan atau gadget mereka. Ide tersebut bisa dituangkan dulu dalam bentuk kalimat, poin, pemikiran tentang apa pun.
  3. Mengerti keahlian Anda
    Sama seperti halnya berbisnis, tidak semua bidang dan hal bisa dimasuki oleh penulis. Hal ini juga mengingat tak semua penulis ingin melakukan segala tipe penulisan, karena bisa jadi mereka hanya senang melakukan hal-hal yang disukai saja. Jadi, pilihlah keahlian Anda dan yang paling Anda mengerti dalam bidang penulisan. Pahami itu, dan fokuslah selalu. Hal ini penting agar Anda bisa menghindari berbagai distraksi dan memberi peluang bagi Anda untuk tumbuh.
  4. Cari inspirasi
    Penulis yang baik selalu tahu kekuatan mereka, dan selalu terinspirasi oleh orang-orang yang ahli juga dalam bidang masing-masing. Jika Anda ingin menjadi novelis dengan genre romantis, risetlah tentang para penulis di bidang itu dengan penjualan novel terbaik. Baca dan pahami juga karya-karya mereka. Dengan demikian, Anda bisa membandingkan karya Anda dengan mereka. Anda pun akan lebih bisa mengaktualisasikan gaya menulis sesuai karakter Anda sendiri.
Demikianlah beberapa tips yang wajib Anda ketahui jika ingin menjadi seorang penulis.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Disqus Comments