Skip to main content

Cara Membuat Jala Ikan

Jala merupakan salah satu alat tradisional penangkap ikan paling jitu. Namun untuk membuat jala tidak mudah, sangat rumit dan membutuhkan kesabaran yang lebih untuk. Banyak sekali orang yang tidak mengerti cara membuatnya.





Menurut pengalaman Mbah Muji salah seorang penrajin jala asal Kemiri Lor ini, saat membuat jala banyak sekali tantangan untuk menyiapkan sebuah jala yang bisa beroperasi di air untuk menangkap ikan. Karena banyak sekali malasnya, hal ini disebabkan semakin panjang daun jala maka akan semakin lama membuat dalam satu keliling.

Apakah Anda sudah membayangkan betapa sulitnya membuat jala? Menurut saya, hanya orang-orang yang tekun saja yang bisa membuat jala sampai selesai. Karena membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang tekun membuat jala pasti akan bisa dan berhasil.

Langkah pertama kita mempersiapkan apa saja yang di perlukan dalam membuat jala. Membuat jala akan memerlukan pisau, tingau, pang. Nah itulah yang akan diperlukan, untuk penjelasannya masing-masing langsung saja berikut ini.
  • Kegunaan pisau adalah untuk membuat pang dan memperkecilkan ukuran pang.
  • Tingau digunakan untuk menggulung nilon yang akan digunakan untuk pengikat buhur jala.
  • Pang digunakan untuk menyamakan mata jala / lubang agar mata jala sama rapi. Pang bisa dibuat dengan bambu.
Nah itulah kegunaan masing-masing alat yang diperlukan.
Langkah yang selanjutnya kita masuk pada cara pembuatan jala.
  1. Siapkan tali bantu untuk mengikat saat membuat pusat.
  2. Sorongkan benang di tingau yang telah di gulung tadi sesuai pang jala dan silahkan buat pusat jala sebanyak 27 buhur.
  3. Setelah membuat 27 pusat silahkan pertemukan buhur pertama dengan buhur kedua lalu sambung lagi kebwah.
  4. Apabila sudah sampai 3 keliling dari pusat pertama silahkan lakukan penurangan dan kecilkan pang jala sedikit saat penurangan. Jika kamu tidak tau cara menurang jala silahkan tanya atau belajar langsung sama orang yang sudah pernah membuat jala. Karena menurang tidak bisa dijelaskan.
  5. Terakhir silahkan lakukan penurangan sebanyak 7 kali turang
    • Turang 1 pada keliling 3
    • Turang 2 pada keliling 5
    • Turang 3 pada keliling 7

    Kegunaan turang tersebut untuk mengembangkan jala. Jika tidak dilakukan penurangan maka jala yang akan dibuat tidak akan kembang.
Begitulah cara membuat jala ikan. Bagi Anda yang ingin mencoba atau penasaran bagaimana cara membuat jala, namun ketika membaca tulisan saya diatas kurang mantap atau kurang jelas silahkan bisa datang langsung kerumah Mbah Muji.

Demikianlah tulisan saya kali ini, perlu di jadikan catatan "Sebenarnya sulit mengetahui cara membuat jala dengan tiori. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya belajar langsung dengan orang yang sudah ahli membuat jala".

Sekian semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar