Cara Membuat Batako Dengan Sistem Manual

Cara membuat batako dengan sistem manual ini dapat kita mulai dengan tahap awal yaitu membuat adonan atau adukan, yakni campuran antara pasir, semen dan air pasir. Perkiraan untuk jumlah penggunaan adalah sekitar 7 pasir dan 1 semen atau 7 : 1. Namun perbandingan tersebut tidak selalu menajadi patokan, karena masih tergantung dari sifat pasir yang di gunakan.

Cara terbaik untuk mendapatkan perbandingan yang pas adalah dengan terlebih dahulu mencoba membuat adonan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, setelah dirasa maksimal barulah di lanjutkan ke produksi yang lebih banyak.

Cara Membuat Batako Dengan Sistem Manual

Setelah adonan di aduk rata, untuk dapat di cetak perlu kita diamkan beberapa saat, jadi tidak seperti membuat adonan adukan seperti biasanya. Karena dalam membuat batako ini di perlukan adonan yang setengah kering, jika di kira-kirakan saat adonan di kepal dalam genggaman tidak ambrol atau berantakan.

Berikut ini cara membuat batako dengan sistem manualyang saya ketahui:
  1. Masuk adonan tadi kedalam proses pencetakan. Adonan tinggal kita masukan secukupnya kedalam cetakan khusus untuk membuat batako. Prosesnya kotak cetakan yang telah di penuhi adonan akan kita tekan atau di press secara perlahan hingga padat.
  2. Alat cetakan kita lepas dan adonan sudah akan berbentuk kotak untuk berikutnya kita lakukan proses penjemuran di bawah sinar matahari hingga keras dan menjadi batako, lalu selesai
Prosesnya cukup sederhana, namun salah satu kendalanya adalah sistem produksinya yang cukup memakan waktu, setidaknya di perlukan dua orang pekerja untuk bisa memproduksi batako dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Itulah cara membuat batako dengan sistem manual yang bisa kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat.

Disqus Comments