Skip to main content

Apa Itu TBM (Taman Bacaan Masyarakat)?

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah sebuah wadah yang didirikan dan dikelola baik oleh masyarakat maupun pemerintah dalam rangka penyediaan akses layanan bahan bacaan bagi masyarakat sekitar sebagai salah satu sarana utama dalam perwujudan konsep pembelajaran sepanjang hayat untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar TBM.

Tujuan program TBM
  1. Meningkatkan kemampuan keberaksaraan dan keterampilan membaca
  2. Menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca
  3. Membangun masyarakat membaca dan belajar
  4. Mendorong terwujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat.
  5. Mewujudkan kualitas dan kemandirian masyarakat yang
  6. Berpengetahuan, berketerampilan, berbudaya maju, dan beradab.
Lembaga penyelenggara TBM

Satuan pendidikan nonformal penyelenggara taman bacaan, diantaranya: PKBM, LKP, rumah Pintar, Yayasan, UPTD SKB, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan unsur masyarakat yang menyelenggarakan program PNF lainnya.

Dari  cuplikan diatas dapat  kita lihat bahwa Perpusdes  dan TBM lebih  kepada segi  pengelolaannya. Jika perpustakaan dikelola oleh Pemerintah (Desa) dan diatur dengan sistem pelayanan yang baku, mulai dari pengunjung sampai pengelolaan bahan pustaka. Sementara TBM merupakan lembaga yang  lebih  bersifat lebih  lentur, non formal dan  dikelola secara mandiri oleh masyarakat.

Demikianlah kira-kira penjelasan tentang  apa itu  TBM, yaitu  sebuah  ruang  publik yang menyediakan literatur dan mempunyai  kegiatan pemberdayaan dan edukasi  kepada masyarakat.

Sekian dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar