Skip to main content

5 Kitab Peninggalan Kerajaan Majapahit

Peninggalan kerajaan Majapahit yang berupa kitab sastra ini isinya beragam. Namun pada umumnya berisi mengenai berbagai cerita raja baik raja Majapahit sendiri maupun raja Singosari. Dengan sejarah kerajaan Majapahit yang begitu panjang, maka tak heran jika peninggalan kerajaan Majapahit juga sangat banyak. Dengan majunya bidang kehidupan sosial, ekonomi dan budaya Kerajaan Majapahit, tentu warisan sastra juga ikut mengalami kemajuan pada masa itu.

Berikut ini 5 kitab peninggalan kerajaan majapahit:
  1. Kitab Negarakertagama
    Kitab Negarakartagama merupakan kitab yang dikarang oleh Empu Prapanca pada tahun 1365 M. Isi dari kitab Negarakertagama ini adalah mengenai sejarah berbagai raja-raja baik raja Singasari mauoun raja Majapahit. Selain mengenai cerita para raja, kitab Negarakertagama juga membahsa mengenai keadaan kota Majapahit dan juga daerah kekuasaannya. Ada juga kisah perjalanan raja Hayam Wuruk ke daerah kekuasaannya di pelosok Jawa Timur dan juga candi-candi yang ada serta kehidupan keagamaan dan upacara sakralnya.
  2. Kitab Sutasoma
    Kitab Sutasoma adalah peninggalan kerajaan Majapahit yang berupa kitab yang dikarang oleh Empu Tantular. Kitab Sutasoma ini berisi tentang kisah dan riawayat Sutasoma yang merupakan anak raja yang menjadi pendeta Buddha.
  3. Kitab Arjunawiwaha
    Kitab Arjunawiwaha adalah kitab yang juga dikarang oleh Empu Tantular. Kitab Arjunawiwaha ini berkisah tentang raja raksasa yang berhasil dikalahkan dan ditundukkan oleh Raja Arjunasasrabahu.
  4. Kitab Kunjarakarna dan Parthayajna
    Kedua kitab ini adalah peninggalan Kerajaan Majapahit namun belum diketahui siapa pengarangnya sampai saat ini. Kitab ini mengisahkan tentang raksasa bernama Kunjarakarna yang ingin menjadi manusia. Selain cerita raksasa, kitab ini juga berkisah tentang perjalanan Pandawa dalam mengembara di hutan karena kalah adu dadu dengan Kurawa.
  5. Kitab Pararaton
    Kitab Pararaton adalah salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang berisikan tentang kejadian-kejadian penting pada masa keemasan Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit.
Demikianlah beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit yang berupa kitab yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar