Sarapan Pagi Sehat Untuk Anak Sekolah

Jam sekolah yang menuntut anak untuk bangun pagi hari dan langsung melesat berangkat, kadang sulit untuk menyajikan sarapan pagi yang sehat untuk anak. Padahal, sarapan itu penting untuk menunjang performanya selama seharian mengenyam pendidikan.

Mengapa sarapan pagi itu penting untuk anak?

Tubuh manusia menghasilkan energi dari karbohidrat, dan memecahnya menjadi glukosa. Setelah semalaman tanpa makanan, tubuh Anda telah menguras simpanan glukosanya. Tubuh kemudian mulai menggunakan cadangan energi dari otot, seperti glikogen dan asam lemak. Inilah mengapa kita memerlukan sarapan sebelum beraktivitas di pagi hari.


Sarapan memberikan energi yang dibutuhkan anak untuk melalui hari yang melelahkan. Sarapan pagi juga dapat membantu tubuh menggunakan makanan dengan lebih efisien sepanjang hari, sehingga anak lebih jarang merasa lapar. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi yang sehat dapat membantu anak-anak belajar lebih baik di sekolah. Artinya mereka juga dapat lebih berkonsentrasi dalam mengingat dan menyelesaikan masalah.ahkan saat bermain.

Anak-anak yang selalu sarapan pagi juga cenderung untuk:
  • Kehadiran sekolah yang lebih baik dibanding anak-anak yang jarang sarapan; anak-anak yang tidak sarapan tidak akan mendapat cukup nutrisi untuk selama sisa hari
  • Lebih sehat secara emosional dibanding anak-anak yang tidak sarapan
  • Lebih jarang mengonsumsi cemilan manis dan berlemak, yang dapat mengelola berat badan sehat.
Seperti apa sarapan pagi yang sehat?
Sarapan pagi yang sehat memerlukan porsi karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang untuk menjaga tingkat tenaga sepanjang pagi.

Untuk bayi dan balita, sarapan dapat menggunakan sereal nasi, atau bubur susu dan buah. Sementara untuk anak-anak usia sekolah dan remaja memiliki pilihan menu sarapan yang lebih luas. Misalnya bubur ayam, oatmeal, sereal wholegrain rendah gula, telur rebus, omelette, roti panggang, hingga buah dan yogurt.

Ide kreatif agar anak mau sarapan pagi setiap hari
Anda adalah panutan yang penting dalam soal makanan. Tunjukkan anak-anak bahwa sarapan itu nikmat dan merupakan bagian penting dalam keseharian kita adalah cara yang baik untuk membuat mereka mulai rajin sarapan. Anda juga dapat menjelaskan manfaat sarapan kepada mereka. Berikut beberapa ide sarapan untuk membuat kebiasaan sarapan pada pagi hari:
  • Buatlah sarapan sebagai waktu untuk duduk dan bercengkerama dengan anak-anak Anda. Menjadi contoh yang baik adalah cara yang tepat untuk mengubah kebiasaan mereka.
  • Jika anak Anda mengatakan bahwa ia tidak lapar di pagi hari, cobalah untuk membuat smoothie yang sehat, dengan susu, yogurt dan buah seperti pisang, sebagai pengganti sarapan ‘tradisional’.
  • Pilihan lain adalah makan makanan ringan di rumah, seperti semangkuk kecil oats atau buah. Anda dapat memberi cemilan yang sehat untuk anak Anda makan sebelum sekolah, seperti sandwich atau yogurt dengan buah.
  • Jika kesibukan di pagi hari menghalangi sarapan, cobalah untuk memasang alarm anak 10 menit lebih awal, atau menyiapkan tas anak dan seragam semalam sebelumnya. Anda juga dapat menyiapkan sarapan pada malam sebelumnya, simpan oat di mangkuk yang tertutup, atau siapkan topping seperti buah potong, kacang-kacangan dan kismis di wadah.
  • Anak-anak yang rewel merespon lebih baik jika makanan disajikan lebih menarik dari biasanya. Anak-anak yang lebih kecil menyukai roti panggang atau buah, dan anak-anak yang lebih dewasa dapat memilih makanan ‘non-sarapan’, seperti pasta.
  • Anak-anak yang lebih dewasa dan remaja mungkin akan menolak untuk sarapan pagi sebagai cara menunjukkan kemandirian mereka. Cobalah untuk tidak membesar-besarkan masalah ini. Anda dapat mengingatkan anak Anda mengambil satu buah segar di meja makan atau roti panggang selai kacang untuk dibawa ke sekolah. Anak Anda juga dapat memilih sendiri sarapan sehat versinya pada saat belanja bulanan.

Disqus Comments