Skip to main content

Psikologi Kesuksesan

Coba lihat orang-orang sukses di sekitar Anda. Setelah itu coba teliti lagi mengapa mereka bisa sukses. Apakah karena memang mereka memiliki kemampuan teknis yang hebat? Atau mereka sukses karena memang berfikir untuk sukses dan memiliki metal baja untuk meraih kesuksesan itu.

Untuk menjadi orang sukses membutuhkan mentalitas yang kuat, semangat hidup dan kemampuan yang tinggi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan sekaligus dengan baik. Untuk menyelesaikan apa yang kita mulai!

Di sini saya tidak bicara tentang kemampuan teknis (yang tentu saja bisa dimiliki oleh semua orang), namun kita akan bicara mentalitas untuk mencapai kesuksesan.

Dari mana datangnya mentalitas ini?

Manusia terpacu untuk sukseskarena memiliki berbagai kebutuhan yang ingin di penuhinya. Kebutuhan-kebutuhan ini pada akhirnya akan menjadi sebuah pendorong yang akan menentukan pergerakan sikap manusia. "Saya ingin bekerja di perusahaan besar" atau "saya ingin menjadi orang nomor satu di dunia arsitektur" adalah contoh berbagai kebutuhan yang lambat laun akan mempengaruhi pikiran dan mentalitas manusia. Tergantung orang dan situasinya, kebutuhan kita sangat banyak dan pastinya sangat beragam.

Agus Susanto

Saya akan membahas lebih jauh terkait kebutuhan yang mempengaruhi mentalitas ini. yang tentunya sudah saya rangkum menjadi enam kebutuhan manusia. Kalau Anda membacanya dengan cermat beberapa kebutuhan-kebutuhan ini, saya yakin Anda akan mengangguk-anggukkan kepala dan berpikir ulang tentang mindset Anda mengenai kesuksesan. Saya memahami ini ketika saya membaca buku "5 Prinsip Kesuksuksesan" yang di tulis oleh Shimada Minoru dan akan saya coba jelaskan dengan bahasa saya sendiri. Kebutuhan-kebutuhan yang mempengaruhi mentalitas tersebut tersebut antara lain:
  1. Kebutuhan akan stabilitas
  2. Kebutuhan akan kelabilan
  3. Kebutuhan untuk merasa diri sendiri penting
  4. Kebutuhan akan cinta
  5. Kebutuhan untuk bertumbuh
  6. Kebutuhan untuk memberikan kontribusi
Sebagai contoh, keinginan untuk "bekerja di perusahaan besar" timbul karena keinginan rasa stabil. Sedangkan keinginan "menjadi nomor satu di dunia arsitektur" timbul karena ingin memuaskan kebutuhan untuk mendapat pengakuan (Kebutuhan merasa dirinya penting).

Bila anda mengerti tentang enam kebutuhan manusia ini, saya yakin wawasan kita akan terbuka lebih jauh lagi. Kita juga bisa mencari solusi-solusi atas berbagai masalah dengan mudah, dan pada akhirnya kita bisa menggapai kesuksesan. Amin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar