Pondok Pesantren Salafi dan Pondok Pesantren Modern

Pada dasarnya, Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang mempelajari dan memperdalam agama Islam. Namun, seiring perkembangan jaman, serta tuntutan masyarakat atas kebutuhan pendidikan umum, kini banyak pesantren yang menyediakan menu pendidikan umum dalam pesantren. kemudian muncul istilah pesantren Salaf dan pesantren Modern,  sedangkan.

  1. Pondok Pesantren Salafi
    Pondok Pesantren Salafi adalah pesantren yang murni mengajarkan Pendidikan Agama atau Pondok Pesantren yang masih dianggap asli, tradisional, yang biasanya hanya diajarkan oleh seorang Kyai. Pelajaran yang diajarkan pun berdasarkan dari kitab-kitab kuning dan gundul.
  2. Pondok Pesantren Modern
    Pesantren Modern menggunakan system pengajaran pendidikan umum atau Kurikulum. Pondok Pesantren Modern ini sendiri merupakan kemajuan dari Pondok Pesantren Salafi, yang dimana tidak hanya kitab-kitab kuning dan kitab-kitab gundul saja yang diajarkan. Namun, meskipun sdisebut Pondok Pesantren Modern, bukan berarti harus urakan. Pondok Pesantren Modern tetap masih ada Kiyai yang mengajar, akan tetapi dibantu oleh para guru. Di Pondok inilah diajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan umum, sains, dan bahkan lmu komputer.
Dengan alasan inilah para orang tua memilih Pondok Pesantren Modern sebagai media pembelajaran untuk anak-anak mereka.

Dalam pendidikan berbasis Pondok Pesantren pula para murid atau santri bisa mendapatkan pendidikan serta pengajaran yang lebih terarah dan teratur. Para santri akan terbiasa dengan berbagai disiplin yang akan berguna untuk masa depan mereka, dan juga membuat hidup mereka lebih disiplin. Dan dari segi kebahasaan pun, para orang tua sudah menjaminnya. Pondok Pesantren juga terkenal dengar disiplin dalam kebahasaan, khususnya bahasa arab dan inggris. Tetapi pada akhir-akhir ini, tidak sedikit Pondok Pesantren yang mewajibkan penggunaan bahasa mandarin dan jepang sebagai bahasa wajib.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan berbasis Pondok Pesantren merupakan sarana pendidikan yang lengkap pada era ini. Namun tetap harus diperhatikan! Sebaik apapun dan sebagus apapun sarana pendidikan yang tersedia, tetaplah tergantung pada anak didik itu sendiri. Maka itulah, walaupun orang tua sudah memasukan anaknya kedalam Pondok Pesantren, orang tua tetap harus memerhatikan pendidikan yang didapatkan anaknya.

Disqus Comments