Skip to main content

Permasalahan Aktual Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan selalu menghadap masalah, karena selalu terdapat kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan hasil yang dapat di capai dari proses pendidikan. Permasalahan aktual berupa kesenjangan-kesenjangan yang pada saat ini kita hadapi dan terasa mendesak untuk di tanggulangi.

Beberapa masalah aktual pendidikan yang akan di kemukakan meliputi:
  1. Pencapaian sasaran
  2. Kurikulum
  3. Peranan guru
  4. Pedidikan dasar 9 tahun
  5. Pendayagunaan teknologi pendidikan
Masalah aktual tersebut ada yang mengenai konsep dan ada yang mengenai pelaksanaannya. Misalnya munculnya kurikulum baru adalah masalah konsep. Apakah kurikulum tersebut cukup andal secara yuridis (merupakan penjabara undang-undang pendidikan) dan secara psikologis (berdasarkan hukum perkembangan peserta didik) atau tidak. Penjurusan yang berlaku cepat pada SMA misalnya, di anggap tidak mendasarkan diri pada proses kematangan anak. Konsep seperti itu bermasalah. Selanjutnya jika suatu kurikulum sudah cukup andal, dapat dilaksanakan apa tidak. Jika tidak, timbulah masalah pelaksanaan atau masalah operasional. Misalnya konsep tentang pendidikan moral pancasila yang tekanannya pada pendidikan afekti, ternyata dalam pelaksanaannya menjadi pelajaran tentang pengetahuan pancasila (meng-kognitifkan yang afektif), ini adalah contoh masalah operasional.

Perlu dipahami bahwa tidak semua masalah aktual tersebut merupakan masalah baru. Bahkan ada yang sudah lama. Sudah sejak lama masalah hasilnya tetap sama. Cintoh pendidikan moral pancasila seperti yang telah di ungkapkan tadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar