Skip to main content

Peranan Alumni Sekolah

Alumni sekolah adalah orang-orang yang telah lilis menyelesaikan masa studinya di suatu lembaga pendidikan.

Untuk menjembatani hubungan antara alumni dan lembaga biasanya di buat lembaga organisasi ikatan alumni. Eksistensi ikatan alumni sangat penting karena para alumni biasanya tersebar di berbagai daerah dan berbagai macam profesi. Kegiatan rutin ikatan alumni biasanya dalam bentuk reuni. Reuni merupakan kegiatan utama ikatan alumni karena kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menjalin tali silatuhrami, mengenang masa lalu, bertukar informasi dan membatu kebutuhan sekolah. Ikatan alumni masih tetap eksis selama masih ada kepedulian para alumnus dan pengelola sekolah yang bersangkutan.

Peranan Alumni Sekolah

Peranan alumni cukup besar manfaatnya bagi pengembangan suatu sekolah. Widyanto (2010) mengemukakan berbagai alasan penting terkait dengan peranan alumni bagi sekolahnya, sebagai berikut.

  1. Alumni data berperan sebagai katalis dengan memeberikan berbagai masukan kritis dan membangun kepada almamater mereka. Dalam hal ini,  alumni memiliki posisi tawar yang unik dan strategis karena meskipun mereka tidak lagi berupakan bagian aktif dalam proses pendidikan di sekolah, tetapi pengalaman mereka selama menjadi siswa dan ikatan batin serta rasa memiliki mereka yang kuat terhadap alamater dapat menghasilkan dan menawarkan berbagai konsep, ide, pemikiran, masukan dan kritik yang membangun yang hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang berada di posisi mereka.
  2. Alumni berprestasi dan memiliki kompetensi yang mumpuni dapat memainkan fungsi penting dalam membangun opini publik untuk menarik minat calon siswa baru. Alumni, disadari atau tidak, merupakan salah satu acuan utama yang mendasari keputusan para orang tua dan calon siswa dalam menentukan pilihan sekolah. Logikanya, jika alumni dari suatu institusi pendidikan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam memasuki jenjang pendidikan tinggi favorit dan dapat menunjukan prestasi dan kontribusi mereka secara riil di masyarakat, kualitas dan kuantitas calon siswa yang berminat untuk mendaftar akan meningkat. Mata rantai ini, dengan di dukung oleh sistem pendidikan internal sekolah yang baik, akan menghasilkan kesinambungan kualitas sumberdaya dan alumni yang berkualitas, memiliki daya juang tinggi dan semangat berkompetisi secara sehat. 
  3. Alumni, sebagai produk utama dari pabrik pendidikan bertajuk sekolah juga diharapkan mampu mengembangkan jaringan dan membangun pencitraan institusi di luar. Pengembangan jaringan oleh alumni merupakan potensi strategis untuk membuka berbagai peluang dan meningkatkan daya saing suatu almamater pendidikan karena manfaatnya yang akan berdampak secara langsung pada siswa dan sesama alumni. Penciptaan peluang usaha, kerja dan magang, kesempatan beasiswa, serta sirkulasi berbagai macam informasi penting seputar dunia pendidikan dan kerja merupakan beberapa contoh riil yang dapat di kontribusikan oleh alumni melalui jaringan yang dimiliki. Dalam hal ini, salah satu wadah yang perlu di tumbuh kembangkan peran dan fungsinya serta di dukung keberadaannya oleh pihak sekolah adalah ikatan alumni. Melalui pengorganisasian alumni secara profesional, berbagai macam peluang dan kesempatan akan dapat di komunikasikan dengan baik.
  4. Keberadaan alumni di berbagai usaha, lapangan pekerjaan, dan institusi pendidikan dapat memeberikan gambaran ispirasi kepada para siswa sehingga pada gilirannya dapat memotivasi mereka dapat menentukan prioritas dan cita-cita kedepan.
Mengingat alumni merupakan output dari pendidikan maka penilaian kualitas sekolah dapat dilihat dari prestasi alumniya. Sekolah yang berkualitas tentu akan mengahasilkan alumni yang berkualitas pula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar