Skip to main content

Penyebab Anak Kecanduan Gadget

Di era global sekarang ini, terkadang peran orang tua dalam mendidik anak jadi terbengkalai. Ditambah lagi jika sang Ibu juga turut bekerja demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Sang Ibu yang memilih menjadi wanita karir pun tak jarang pulang sore atau bahkan larut malam. Sesampainya di rumah tentu Ibu sangat lelah, sehingga waktu untuk sang anak banyak berkurang. Demikian pula dengan sang Ayah.

Pada saat di rumahpun para orang tua juga tetap sibuk dengan dunianya, seperti seharian memegang smartphone, atau berkutat pada gadget canggihnya. Tanpa disadari anak yang sering melihat kedua orang tuanya bermain smartphone atau gadget tentu juga menjadi penasaran dan ingin tahu apa yang menyebabkan orang tuanya menghabiskan banyak waktu untuk melihat layar gadgetnya daripada bersamanya.

Seperti anak-anak pada umumnya, dengan rasa keingin tahuan yang tinggi dan sifat "copycat" yang menjadi awal mula si anak tertarik untuk mengeksplorasi gadget milik kedua orang tuanya. Ketika si anak sudah mengerti bermain gadget dan mendapatkan kesenangan saat bermain gadget, disini lah si kecil berangsur-angsur mulai "kecanduan" mainan barunya.
Secara garis besar menurut penelitan dari psikologi anak, penyebab anak kecanduan gadget adalah sebagai berikut :
  1. Kurangnya Perhatian dari Orang Tua
    Seperti yang telah dikemukakan di atas, kondisi era global sekarang ini banyak membuat para orang tua kurang memperhatikan anak-anak nya karena kesibukan dalam dunia kerja. Kondisi yang seperti ini jelas tidak baik untuk perkembangan anak. Sehingga si anak cenderung mencari perhatian selain dari orang tuanya.
  2. Kurangnya Quality Time Bersama si Anak
    Pada fase toddler dan balita adalah masa yang paling sering membutuhkan waktu bersama-sama kedua orang tuanya. Luangkan waktu ekstra untuk si kecil agar hubungan dengan sang anak makin akrab. Bisa dengan cara sederhana seperti makan bersama, bepergian bersama atau bermain bersama.
  3. Terlalu Sering Memegang Gadget di Depan Anak
    Orang tua yang terlalu sering memegang gadget di depan anaknya tentu akan memunculkan rasa cemburu atau iri pada sang anak terhadap gadget atau smartphone yang terus dipegang ayah atau ibunya. Cobalah untuk mengurangi memegang gadget di depan anak anda.

    Begitu pula si kecil, anak yang terlalu sering untuk diijinkan memegang gadget tentu akan berpotensi "kecanduan". Mulailah untuk membatasinya. Bisa juga disiasati dengan mengatur auto turn off pada gadget anda.
  4. Jarang Bermain di Luar Rumah
    Anak yang jarang bermain di luar rumah tentu juga akan kurang bergaul atau bersosialisasi. Hal ini menyebabkan anak lebih sering berada di dalam rumah dan terlalu asyik bersama gadget atau smartphonenya. Sesekali biarkanlah si kecil untuk bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Agar dia menemukan keasyikan dan kesenangan selain dari gadgetnya.
  5. Kurangnya Komunikasi
    Kurangnya komunikasi antara si kecil dan orang tua dapat menyebabkan berkurangnya intimasi atau keakraban. Dengan berkurangnya intimasi dengan orang tua, tentu si kecil lebih senang berhadapan dengan gadgetnya.
Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak menjadi "kecanduan" gadget. Anak adalah amanah dan harta yang paling berharga yang harus Anda jaga dan Anda perhatikan, jangan sampai peran kita digantikan oleh sebuah mesin.
Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar