Peninjauan Kualitas Belajar

Pembelajaran adalah proses membelajarkan siswa. Didalam pembelajaran terdapat interaksi guru, siswa dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sebagai orang dewasa, guru harus membantu siswa memperoleh ilmu pengetahuan, nilai-nilai dan keahlian yang leah di targrtkan sebelumnya. Bantuan guru tersebut dilakukan melalui upaya pengondisian lingkungan agar siswa melewati pengalaman belajarnya.
Peninjauan Kualitas Belajar

Tujuan pembelajaran ialah untuk mengantarkan siswa mencapai kedewasaannya dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam ranah kognitif, diharapkan proses berpikir siswa dapat berkembang menjadi lebih baik. Dalam ranah afektif, diharapkan siswa dapat berkembang sikapnya sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dalam ranah psikomotorik, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan ototnya secara maksimal dari segi kecepatan, ketepatan, dan kelancaran.

Kualitas pembelajaran merupakan salah satu aspek penilaian dari suatu sekolah. Pembelajaran merupakan proses yang sangat vital dalam mencerdaskan kehidupan manusia. Tanpa pembelajaran, guru tidak akan dapat mengarahkan para siswa menemukan pengetahuan, mengembangkan sikap postif dan melatih psikomotoriknya. Disinilah proses pendewasaan berlangsung. Disinilah momen terjadinya proses tranformasi manusia ke arah yang lebih baik.

Pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada keatifitas gurunya. Guru yang kreatif ialah guru yang dapat mendesain pembelajaran yang menarik, namun tujuan pembelajaran tetap tercapai. Dalam tahapannya, guru yang kreatif akan merencanakan pembelajaran secara matang, melaksanakan secara total dan menilai hasil pembelajaran secara cermat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Disqus Comments