Pengertian Bab||Struktur Bab||Tujuan Membaca Bab||Cara Membaca Bab

A.  Pengertian Bab
Bab yang di maksud dalam tulisan saya adalah isi buku. Jadi, bab merupakan bagian pembicaraan dalam sebuah buku. Bagian isi buku juga dapat berbentuk artikel. Struktur bab sama dengan struktur artikel. Oleh karena itu, dalam pembicaraan ini, bab diartikan sebagai artikel. Ada kalanya bab adalah di bagian atas pasal-pasal. Wacana atau karangan yang berupa bab, pada dasarnya memiliki lima jenis karangan:
Pengertian Bab||Struktur Bab||Tujuan Membaca Bab||Cara Membaca Bab
  1. Narasi
  2. Deskripsi
  3. Eksposisi
  4. Argumentasi
  5. Pesuasi
B.  Struktur Bab
Struktur bab atau artikel terdiri atas judul bab, yang dijabarkan menjadi subjudul bab-subjudul bab. Subjudul bab-subjudul bab itu terdiri atas beberapa paragraf, dan paragraf terdiri atas pikiran pokok paragraf dan pikiran-pikiran penjelasnya.

Biasanya dalam bab atau artikel juga memiliki struktur yang terdiri atas judul bab atau judul artikel, bagian pendahuluan, bagian batang tubuh, dan bagian penutup. Kadang-kadang ada ringkasan bab atau abstrak artikel dan daftar rujukan.

Sebelum kita membaca bab, seyogyanya pembaca harus mengetahui bagaimanakah struktur bab. Seperti telah di utarakan diatas, bahwa bab mempunyai struktur yang kompleks juga. Setelah kita mengetahui struktur bab, kita akan lebih memahami ide-ide pokok bab. Ide-ide pokok itulah yang merupakan kerangka bab yang telah di kembangkan oeh penulisnya sebagai bab. Jadi tugas penulis bab adalah mengembangkan kerangka bab, sedangkan tugas pembaca adalah mencari kerangka bab itu.

Kegiatan membaca bab tidak dapat meninggalkan cara-cara membaca paragraf, karena bab terdiri atas kumpulan beberapa paragraf.

Selain cara-cara tersebut diatas, untuk memahami secara cepat tentang isi bab juga dapat melihat daftar isi buku yang memuat bab itu.

C.  Tujuan Membaca Bab
Tujuan utama membaca bab atau artikel adalah untuk mengetahui struktur isi bab atau artikel. Tujuan itu dapat diperinci secara lebih khusus yaitu untuk mengetahui judul bab, mengetahui subbab pendahuluan, batang tubuh, penutup, pikiran pokok setiap paragraf dalam bab atau artikel itu secara cepat, serta mengetahui daftar rujukan jika ada. Tujuan selanjutnya, untuk mengetahui seluruh isi bacaan bab atau artikel itu secara lebih detail.

D.  Cara Membaca Bab
Ada beberapa cara membaca bab yang dianggap lebih efektif dan efisien. Silakan pilih cara yang paling Anda sukai. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Bacalah judul bab itu dengan cermat
  2. Bacalah subbab-subbab yang terdapat dalam bab itu
  3. Bacalah dengan cepat atau selayang pandang seluruh bacaan pada bab itu
  4. Bacalah ringkasan bab jika ada
  5. Bacalah secara cermat setiap paragraf untuk mencari pikiran pokok setiap paragraf
  6. Catat pikiran pokok atau ide-ide pokok
  7. Ulangi ingatan Anda terhadap ringkasan bab dan menyatukan dengan bahasa Anda sehingga menjadi satu kebulatan masalah yang terdapat dalam bab itu
Selain cara diatas, Anda juga dapat melakukan dengan cara membaca pikiran pokok paragraf pendahuluan, kemudian pikiran pokok paragraf-paragraf batang tubuh, dan pikiran pokok paragraf penutup.

Sekian semoga bermanfaat.

Disqus Comments