Skip to main content

Pemanfaatan Perpustakaan Desa Secara Berdaya Guna

Dalam perkembangan kehidupan dewasa ini masyarakat desa pada umumnya telah terbuka dan terjamah oleh pengaruh era globalisasi, meskipun belum merata. Pada dasarnya desa-desa tersebut tidak boleh terisolasi, tertutup dan tertinggal oleh perkembangan informasi dan perubahan.

Perpusdes sumber ilmu desa kemiri lor

Untuk merespon kedua hal itu perpustakaan desa seharusnya dibina dan dikembangkan agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Eksistensi Perpustakaan Desa diharapkan dapat mencerminkan kemajuan dan merefliksikan kehidupan budaya masyarakat. Hal itu seharusnya diawali oleh pemanfaatan Perpustakaan Desa secara berdaya guna.

Perpustakaan Desa mengemban sebuah misi untuk menanamkan pengertian dan pemahaman yang utuh dan lengkap tentang pentingnya penguasaan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Tugas dan fungsi Perpustakaan Desa sebagai sumber ilmu pengetahuan/belajar, sarana pengembangan kemampuan, keterampilan dan wawasan setiap warga.perpustakaan tersebut dapat dijadikan wahana dialog dan diskusi untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat serta mempererat kesatuan dan persatuan.

Dalam menyelenggarakan Perpustakaan Desa ada tahap-tahap yang harus dilalui. Tahapan dimaksud adalah pembentukan, penyelenggaraan, pembinaan dan pemberdayaan perpustakaan serta pengembangan. Setiap tahap seharusnya melibatkan semua unsur, para pelaku dan pemangku kepentingan di desa yang bersangkutan.

Di dalam masyarakat desa seharusnya terdapat orang-orang yang membuka dan mengembangkan ide/inisiatif (inisiator), lalu bersedia menjadi penggerak dan pelopor yang bersedia menjadi sponsor dan donator, ada pelaku dan eksekutor (pengambil keputusan) dan yang bersedia melaksanakan sebagai administrator. Semua unsur itu harus bersatu untuk berembug dan bekerja sama. Dengan demikian pemanfaatan Perpustakaan Desa secara berdaya guna akan tercapai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar