Peluang Pekerjaan 2020

World Economic Forum mengeluarkan laporan berjudul The Future of Jobs yang membahas mengenai pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Laporan tersebut merupakan hasil survei mereka ke lebih dari 350 eksekutif perusahaan dari 9 industri berbeda di 15 negara. Laporan ini menunjukkan kenaikan dan juga penurunan kebutuhan pekerja di beberapa industri.

Hasilnya, profesi yang diperkirakan meningkat pesat dan paling dibutuhkan ditahun 2020 adalah:
  1. Data Analis
    Berdasarkan jawaban para eksekutif perusahaan, orang dengan profesi data analis diperlukan untuk menafsirkan data yang selanjutnya digunakan dalam pertimbangan pengambilan keputusan perusahaan. Sekarang, hampir semua data tersedia dalam format digital dan diperlukan seorang data analis untuk bisa membaca data yang besar.

    Data Analis
  2. Developer Software, Programmer, dan pekerjaan yang berkaitan dengan IT
    Bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, profesi developer software pun banyak mengisi laman situs lowongan kerja. Di tahun 2020, teknologi komputer diprediksi semakin berkembang, sehingga permintaan programmer komputer dan pembuat software terus meningkat.

     Developer Software, Programmer, dan pekerjaan yang berkaitan dengan IT
  3. Arsitek dan Ahli bidang teknik
    Lapangan pekerjaan di bidang teknik diprediksi akan naik. Secara spesifik, akan ada pertumbuhan pesat di bidang nanoteknologi, biokimia, robotik, dan material. Diperkirakan akan ada 2 juta lapangan pekerjaan di bidang teknik di tahun 2020 untuk profesi arsitek dan ahli teknik lainnya.

    Arsitek dan Ahli bidang teknik
  4. Desainer Produk
    Berdasarkan laporan, kreativitas adalah skill yang banyak dicari di tahun 2020. Persaingan di dunia bisnis sangat kompetitif dan tiap perusahaan berusaha untuk memiliki ciri khas dari produknya masing-masing. Pekerjaan seperti mendesain mobil dan gadget diprediksi menjadi pekerjaan most wanted.

    Desainer Produk
  5. Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi
    Teknologi semakin berkembang tapi di satu sisi kebutuhan untuk mengembangkan manusia juga semakin besar. Menurut survey, 65 persen responden yang merupakan para eksekutif perusahaan berinvestasi pada pengembangan skill para karyawannya. That's why, ahli di bidang sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan karyawan.

    Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi
  6. Hubungan Masyarakat
    Humas khususnya yang berkaitan dengan hubungan dengan pemerintahan sangat dibutuhkan. Masih ingat kan kasus ojek online vs taksi konvensional? Kasus ini membuktikan kalau inovasi di bidang teknologi nggak selalu langsung diterima oleh masyarakat. Teknologi pun juga nggak bisa lepas dari kebijakan pemerintah. Makanya, profesi di bidang humas, khususnya government relation, menjadi sangat dibutuhkan.

    Hubungan Masyarakat 
    Kira-kira Anda tertarik dengan profesi yang mana?

Disqus Comments