Peluang Bisnis Tak Terhingga di Dunia Maya

Keberadaan internet tidak hanya mengubah cara pandang manusia, namun juga mempengaruhi aspek kehidupan. Internet menghadirkan dimensi baru, yakni dunia maya. Sebuah dunia yang menyediakan beragam perspektif, lengkap dengan berbagai keuntungan dan kerugian.

Aspek utama dari dunia maya adalah munculnya berbagai fasilitas, yakni blog, website dan apa yang dikenal sebagai social media. Munculnya berbagai fasilitas ini telah merevolusi komunikasi dan juga teknologi secara keseluruhan.

Tentu, dengan semakin berkembangnya teknologi internet, apa yang disebut sebagai dunia maya pada akhirnya juga merambah dunia bisnis. Dunia maya menjadi alternatif dan kadang kala menjadi penentu sukses tidaknya sebuah usaha. Internet telah mengubah mekanisme pemasaran, branding dan juga transaksi.

Namun, bagaimanapun bisnis adalah dunia yang 'kejam'. Ada berbagai konsekuensi yang harus dihadapi oleh pebisnis yang ingin mengintegrasikan usahnya dengan dunia maya. Dengan metode yang tepat, usaha bisa berkembang pesat. Namun jika salah memilih metode dan jika keliru mengambil langkah, Maka yang akan dialami adalah kerugian dan rusaknya brand.

1.  Tahapan
Salah satu keuntungan dunia maya adalah wilayah dan lingkup yang tanpa batas. Upaya pemasaran yang dibuat pebisnis tak hanya di saksikan dan dinilai oleh pihak lokal dan regional namun juga internasional. Dunia maya adalah dunia yang lintas negara, lintas teritorial dan lintas benua.

Namun untuk sukses mereguk di dunia maya bukanlah pekerjaan mudah. Bukan kerja semalam. Ada beberapa tahapan yang harus di tempuh. Banyak pebisnis yang gagal menaklukan dunia maya karena ceroboh. Mereka mengingikan sukses hanya sesaat padahal sesungguhnya mereka tidak mengenal medan. Tahapan-tahapan yang perlu di lakukan untuk mengapai sukses di dunia maya adalah:
  • Observasi
    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum terjun kedunia maya adalah melakukan observasi. Amati bagaimana situasi. Simak apakah pesaing sudah lebih dulu berkiprah, dan lihat bagaimana cara kerjanya.

    Amati juga bagaimana perbincangan pasar. Bagaimana respon pasar pada produk atau layanan yang mirip dengan yang Anda geluti.

    Jika ingin menggunakan blog atau website, amati bagaimana tampialan blog atau website pesaing. Amati juga bagaimana tampilan blogatau website sejumah perusahaan besar yang sukses di dunia maya.

    Salah satu cara termudah dalam melakukan observasi adalah menggunakan Google Alert. Dengan layanan ini, Google secara berkala akan mengirimkan informasi seputar topik atau kata kunci terteu yang Anda pilih. Anda akan mendapatkan informasi jika ada blog atau website yang memposting topik atau kata kunci yang dipilih.

    Anda juga bisa melakukan pengamatan melalui fasilitas pencarian pada Twitter (Twitter Search). Anda bisa melihat topik apa yang menjadi tren, dan amati apakah bidang yang digeluti ramai di perbincangkan. Untuk social media, anda bisa mengamati melalui sejumlah situs seperti www.radian6.com, yang secara berkala menuliskan review seputar perkembangan di social media. Anda juga bisa menyimak pres release yang dikirim pihak yang berkecimpung di bidang social media tertentu.

    Setelah mendapatkan sejumlah informasi, buatlah laporan ringkas mengenai apa yang diobservasi. Pelajari laporan itu untuk menentukan langkah selanjutnya.
  • Ciptakan panggung untuk bisnis anda
    Dengan mempelajari data hasil observasi, Anda bisa membuat "panggung" untuk memasarkan bisnis Anda. Panggung itu bisa berupa blog, website, fans page (facebook), akun twitter, youtube, flickr, linkedin, koprol, foursquare, dan lain sebgainya.

    Dengan berkaca pada hasil observasi, lakukan analisis secara berkala menyangkut apa yang terjadi pada "panggung" yang Anda ciptakan. Pelajari lalu lintas percakapan, seberapa sering bisnis Anda tersebut, lokasi mana yang paling potensial, seberapa besar jaringan yang terbentuk (jumlah teman, komentator blog, follower) dan hal semacam itu.

    Pelajari dan perkuat kelemahan dan tingkatkan positif. Yang harus di ingat, "panggung" yang Anda ciptakan perlua waktu untuk dikenal. Jadi jangan langsung kecewa jika dalam jangka waktu tertentu analisis masih negatif.
  • Sosilalisasikan
    Langkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi, dengan terlibat langsung dalam percakapan. Untuk bisa terlibat secara efektif, pelajari dan amati respon pengguna, atau pembaca blog/website, atau audiens. Ciptakan konten yang terkait dengan reaksi pasar, dan tentukan sejauh mana Anda terlibat.

    Sebisa mungkin jangan berlaku seperti robot yang tanpa emosi. Karea terlibat dengan manusi maka Anda harus bertingkah seperti manusia yang normal. Secara berkala Anda harus proaktif memberitakan apa aktivitas perusahaan dan kegiatan yang terkait dengan bisnis yang digeluti. Amati juga berbagai aktivitas yang bisa menimbulkan masalah. Anda harus memberikan respon yang segera jika mengamati ada percakapan yang memanas atau secara emosi bisa berdampak negatif pada kelangsungan bisnis.
2.  Prinsip Darwinisme
Padahapan tertentu, bisnis di dunia maya kerap berjalan sesuai prinsip Darwinisme. Bahwa yang kuat yang akan bertahan. Siapa yang biasa beradaptasi dengan lingkungan atau ekosistem yang baru dialah yang akan bertahan.

Dalam hal ini, Adaptasi adalah faktor kunci. Pebisnis harus beradaptasi dengan budaya dan iklim di dunia maya yang kerap berbeda dengan kebiasaan di dunia nyata. Pebisnis harus cepat tanggap dan pebisnis harus memberikan respon yang sesuai.

Adaptasi juga akan sejalan dengan evolusi pada bisnis yang dijalani. Mungkin pada tahap awal bisnis Anda masih merangkak. Namun dengan berlalunya waktu, kelak bisnis yang digeluti bisa berjalan tegak dan tak perlu di topang.

Jika adaptasi dan proses evolusi berlangsung normal, maka peluang tak terhingga di dunia maya akan menjadi bagian dari kesuksesan.

Disqus Comments