Peer Learning Meeting Perpuseru

Kemarin saya di tagih artikel tentang "Peer Learning Meeting" oleh salah seorang pengurus Perpustakaan Desa di Desa saya. Karena kemarin saya sudah janji untuk mempostingkannya hari ini, makanya semalam saya lebur menyelesaikan artikel ini. Ya mungkin sedikit agak kacau artikelnya, tetapi yang terpenting disini adalah maksud dan tujuan saya menulis artikel ini dapat tersampaikan dengan baik.

 

Kegiatan "Peer Learning Meeting" atau yang biasa di singkat PLM, merupakan sinergi kerjasama antara Perpustakaan Desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dengan Coca Cola Foundation Indonesia melalui program PerpuSeru yang secara konsisten dan fokus bertujuan untuk mengembangkan Perpustakaan Umum di Indonesia menjadi pusat belajar & kegiatan masyarakat berbasis Teknologi informasi dan komunikasi.

Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk wadah sharing dan saling memotivasi akan pencapaian, hambatan, tantangan maupun inovasi akan peluang antar pengelola Perpustakaan Desa. Hal ini merupakan alur program PerpuSeru pada tahap Mentoring & Monitoring yang dilaksanakan setiap 4 bulan sekali. Sajian kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yaitu:
  1. Pemaparan pencapaian dan subjek terkait lainnya
  2. Materi seputar indikator penilaian dari pihak PerpuSeru dimana berkaitan dengan laporan dan dokumentasi online
  3. Sharing bersama dengan bimbingan dari narasumber untuk mampu berkembang menjadi lebih maju.
Manfaat setelah adanya kegiatan ini adalah para pengelola Perpustakaan Desa diharapkan akan lebih termotivasi dan terpacu inovasi dan kreatifitasnya menangkap peluang, membangun advokasi dan menciptakan atmosfer positif pada masyarakat dengan adanya Perpustakaan Desa.

Perlu dipahami bersama bahwasannya impact dari Perpustakaan Desa memang tidak begitu saja langsung terjadi pada masyarakat namun yang perlu selalu diupayakan adalah apabila kita mampu untuk terus menjadi fasilitator yang aktif bagi masyarakat khususnya yang sedang membutuhkan solusi akan masalah / kebutuhannya meskipun hanya satu orang melalui pemberian informasi yang  tepat maka akan menjadikan hal yang kelihatannya sederhana tersebut akan menjalar lebih luas dan berpengaruh positif bagi lainnya.

Disqus Comments