Skip to main content

Kualitas Sekoalah Nasional

Sekolah nasinal yang berkualitas tentunya harus memenuhi standar nasinonal pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar nasional pendidikan terdiri dari:

  1. Standar pendidikan dan tenaga pendidikan
  2. Standar kompetensi lulusan
  3. Standar proses
  4. Standar sarana dan prasarana
  5. Standar pengelolaan
  6. Standar pembiayaan pendidikan
  7. Standar penilaian pendidikan
Standar nasional pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Standar pendidikan nasional bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

Kualitas Sekoalah Nasional

Standar pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.

Namun, padangan masyarakat tentang sekolah berkualitas cukup bervariatif. Ada sebagain masyarakat yang menganggap bahwa sekolah berkualitas ialah sekolah yang dalam menyelenggarakan pendidikannya dilakukan secara manusiawi. Dengan kata lain, proses pembelajaran di laksanakan dengan suasana damai dan menyenangkan. Tidak ada kabar tawuran atau penganiyayaan di sekolah yang bersangkutan. Siswa diberikan kebebasan untuk berkreasi guna mengembangkan potensinya secara bebas. Siswanya banyak meraih prestasi lokal, nasional maupun iternasional. Ada pula masyarakat yang mengatakan bahwa sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap. Gedungnya megah, sekolahanya bersih, dan fasilitas pendukung yang memadai. Kemudian ada pula masyarakat yang mengatakan bahwa sekolah yang berkualitas adalah sekolah sekolah yang menghasilkan lulusan pintar, nilai bagus, dan di terima di perguruan tinggi bergengsi atau di terima di perusahaan-perusahaan besar.

Memang tidak ada batasanya tentang definis sekolah berkualitas. Tetapi, pandangan masyarakat yang tertuju pada aspek pembelajaran, sarana dan prasarana serta profil alumni akan mengarahkan selera masyarakat pada suatu sekolah. Hal ini lah yang menciptakan fenomena adanya suatu sekolah menjadi rebutan masyarakat dan sekolah lain justru sepi dari pendaftar. Oleh karena itu penting rasanya untuk memahami kualitas sekolah dari sisi pembelajaran, sarpras dan alumninya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar