Jurusan Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Buat Anda yang sedang bingung mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, salah satu jurusan ini mungkin bisa menjadi pilihan. Berdasarkan kebutuhan dunia kerja saat ini, ada beberapa jurusan yang sedang banyak dicari di tahun 2017:

  1. Teknik Pertambangan
    Sarjana teknik pertambangan biasanya menjadi orang lapangan. Tugasnya mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi, mulai dari berlian hingga minyak bumi. Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

    Prospek kerja lulusan jurusan teknik pertambangan: Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, PT Timah Tbk.
  2. Teknik Material dan Metalurgi
    Jurusan teknik material dan metalurgi berkaitan erat dengan pertambangan, namun lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka.

    Prospek kerja: Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, Badak LNG.
  3. Teknik Perkapalan
    Teknik Perkapalan merupakan jurusan arsitektur kapal. Di jurusan ini mahasiswa menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal, mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

    Prospek kerja lukusan teknik perkapalan: Industri maritim atau gas & minyak, Badan klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo atau Surveyor Indonesia.
  4. Teknik Nuklir
    Di dunia kerja, teknik nuklir diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.

    Prospek kerja: BATAN, Radiologi di RS, nuclear power plant
  5. Teknik Informatika
    Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Mahasiswa mempelajari bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

    Prospek kerja: Menjadi programmer hingga intelligent di hampir di semua industri, terutama industri telekomunikasi.
  6. Ilmu Farmasi
    Disebut juga ilmu pengobatan. Peran ilmu farmasi sebagai pendamping Ilmu Kedokteran. Konsentrasi ilmu farmasi ada pada semua cakupan farmasi, tak hanya obat-obatan penyembuh sakit, tapi juga di kosmetika.

    Prospek kerja: RS, Industri obat-obatan (Kalbe Farma, Bayer), Industri Kosmetik (Mustika Ratu, Wardah)
  7. Ilmu Bisnis dan Ekonomi
    Jurusan ini bisa disebut jurusan wirausahawan (entrepreneur). Mahasiswa jurusan ini mempelajari berbagai keterampilan bisnis, mulai dari administrasi hingga kewirausahaan.

    Prospek kerja: wirausaha dan semua industri pekerjaan membutuhkan seorang ahli ekonomi.
  8. Komunikasi
    Jurusan Komunikasi menjadi jurusan favorit seiring dengan perkembangan pesat dunia media. Di jurusan komunikasi adan konsentrasi jurusan broadcasting, jurnalistik, public relations, dan advertising.

    Semua instansi dan perusahaan membutuhkan sarjana ilmu komunikasi untuk mengisi posisi humas atau bidang informasi, apalagi di era sekarang semua instansi/perusahaan memiliki media komunikasi, seperti website dan media sosial.

    Prospek kerja: advertising agency, instansi, atau perusahaan multinational 
  9. Kedokteran Hewan
    Jadi seorang dokter hewan, berarti akan akrab dengan semua jenis binatang. Tidak hanya anjing dan kucing, tapi sampai kuda dan kura-kura.

    Selama menempuh pendidikan, mahasiswa jurusan kedokteran hewan akan mempelajari mengenai pencegahan, perawatan, dan pengobatan penyakit hewan.

    Prospek kerja: Veterinarian, Kebun Binatang, Konservasi Hewan
  10. Ilmu Statistika
    Jurusan ini akrab dengan ilmu matematika. Di ilmu ini, matematika diaplikasikan untuk mengolah teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam bisnis, terutama industri.
Kira-kira Anda tertarik dengan jurusan yang mana?

Disqus Comments