Definisi Mukalisasi Puisi

Tulisan ini disajikan merupakan salah satu upaya untuk menjawab kesimpangsiuran dalam memahami pengertian musikalisasi puisi. Ada beberapa pendapat yang berkembang dalam mengartikan puisi. Musikalisasi puisi adalah puisi yang diiringi musik selama dibacaan. Selain itu ada juga yang memahami bahwa musikalisasi puisi adalah puisi yang diselingi dengan musik.


Ada juga yang berpendapat musikaisasi puisi yang dipadukan dengan musik. Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinanyikan. Musikalisasi puisi merupakan kolabolasi antara sastra dengan musik. Puisi yang biasa dibacakan atau diucapkan dengan intonasi, sedangkan musikalisasi puisi dibacakan atau diucapkan dengan nada dan diiringi dengan musik.

Menurut Wikipedia:
Musik Puisi adalah genre seni dalam seni pertunjukkan yang merupakan hasil kolaborasi antara penyajian puisi dan musik.

Belum ada kesepakatan atau konvensi resmi mengenai definisi musik puisi, meskipun begitu, musik puisi telah cukup lama eksis di dunia sastra dan seni Indonesia.

Musik Puisi bisa dibedakan menjadi 3 (tiga) kategori:
  1. Musikalisasi Puisi: puisi yang disajikan secara musikal
  2. Lagu Puisi: puisi yang dilagukan
  3. Pembacaan Puisi dengan Iringan Musik
Tokoh-tokoh Musik Puisi Indonesia:
  1. Emha Ainun Nadjib dan Kyai Kanjeng, menyajikan puisi-puisi karya Emha Ainun Nadjib
  2. Fredie Arsi dan Sanggar Matahari, menyajikan puisi-puisi karya penyair Indonesia dan Mancanegara
  3. Ebiet G. Ade, menyajikan puisi-puisi karya Emily Dickinson dan penyair-penyair Indonesia
Komunitas Musik Puisi Indonesia (KOMPI) adalah organisasi yang beranggotakan para penyaji musik puisi di Indonesia. Organisasi yang berdiri tahun 2006 ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara para penyaji musik puisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Musikalisasi puisi merupakan upaya untuk menampilkan puisi dengan cara memasukkan unsur musik secara dominan. perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ini bertujuannya agar pendengar atau apresian lebih memahami maksud yang terkandung dalam puisi. Dengan kolaborasi ini juga diharapkan agar apresian yang tidak memahami isi atau maksud yang terkandung dalam puisi menjadi paham.

Para penggagas atau pencetus tentang musikalisasi puisi ini, seharusnya memberikan definisi yang jelas dan tegas, agar tidak menimbulkan pemahaman yang ambigu. Pengertian yang mengatakan bahwa musikalisasi puisi adalah puisi dibacakan atau diucapkan dengan nada dan diiringi dengan musik, masih belum tegas. Pengertian ini masih mengandung tanda tanya. Apa bedanya dengan lagu yang juga mengucapkan kata-kata puitis dengan nada dan di iringi musik.

Mohon maaf penulis tidak dapat memberikan definisi yang final tentang apa itu musiklisasi puisi. Sejujurnya penulis sendiri sedang berusaha untuk memahami lebih jelas lagi tentang pengertian ini. Untuk itu kapada para pembaca  diharapkan untuk dapat mengapresiasi sekaligus juga memberi sumbangan pemecahan masalah ini. Terima dan semoga bermanfaat.

Disqus Comments