Cara Membuat Halaman Facebook Yang Efektif Untuk Perusahaan

Sebagai situs jejaring sosial terbesar, facebook tak hanya menyediakan berbagai sarana untuk perorangan yang ingin berinteraksi dengan sesama. Layanan yang didirikan Mark Zuckerberg ini juga menyediakan fasilitas yang bisa di manfaatkan pemilik bisnis, yakni halaman (page).

Membuat halaman (page) di facebook relatif mudah. Anda hanya perlu mendaftar dan mengisi nama perusahaan serta melengkapi beberapa informasi dasar. Setelah memasang foto profil, yang harus dilakukan adalah berupaya menarik sebanyak mungkin orang untuk tergabung ke halaman (page) yang di buat.

Cara Membuat Halaman Facebook Yang Efektif Untuk Perusahaan

Pertanyaannya, Bagaimana agar halaman (page) yang dibuat bisa menarik sebanyak mungkin orang dan bisa efektif untuk perusahaan?

Untuk membangun halaman (page) facebook yang hasilnya terukur, Ada sebagai pemilik bisnis harus mengidentifikasi tujuan utama di buatnya halaman (page) ini. Banyak pengusaha yang gagal memanfaatkan halaman (page) facebook karena tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan yang tidak jelas.

Pertanyaan awal yang harus Anda jawab adalah: kenapa saya berada di facebook? Apa tujuan saya? Apakah untuk menjual produk, atau untuk meningkatkan layanan pelanggan atau menciptakan hubungan baru dengan pihak yang baru? Apapun tujuan yang ingin di capai, hal itu harus dirumuskan sebelum Anda membuat halaman facebook. Setelah menetapkan tujuan, Anda akan lebih mudah memanfaatkan halaman facebook dengan lebih efektif.

Pada halaman, selain meng update status, Anda juga bisa mempostig foto, membagi video atau bahkan mengagendakan acara tertentu. Jadi pikirkan apa yang bisa dilakukan pada fitur itu dan buatlah semacam rencana strategi untuk membuat halaman lebih dinamis.

Ada banyak fitur yang di sediakan facbook untuk halaman, dan jika hanya fokus pada satu, Anda mungkin tak akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Beberapa fitur yang juga bisa digunakan untuk mengefektifkan halaman untuk bisnis adalah:
  1. Wall Post
    Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengekpresikan diri dan mengatakan dengan tepat bagaimana perasaan tentang produk atau layanan yang Anda kembangkan. Setiap umpan balik, apapun itu, akan sangat berguna.

    Guna mendorong terjadinya interaksi dengan pelanggan Anda harus mengatur opsi pengaturan privasi dan memastikan fitur 'teman yang bisa menulis di dinding' serta 'yang bisa berkomentar di post' diatur pada 'everyone' atau semua orang.

    Pilihan lain, Anda bisa mengatur agar yang bisa berkomentar dan menulis di Wall hanya mereka yang menjadi anggota atau pelanggan di halama.
  2. Uploade Foto
    Banyak perusahaan menggunakan fitur ini dengan memasang foto produk. Ada juga yang memasang foto pelanggan yang menggunakan produknya. Cara unik yang bisa dilakukan pada fitur ini adalah mengijinkan pelanggan mentag atau menandai foto diri menggunakan produk Anda ke halaman yang di buat. Caranya dengan mengatur 'foto dan video yang aku tag' dengan pilihan ke 'semua orang', atau bisa juga di atur hanya untuk penggemar di halaman Anda.
  3. Pembelian Langsung
    Anda bisa mengatur halaman menjadi semacam toko online, tempat pelanggan berinteraksi, terlibat dan membeli produk. Caranya dengan menambahakan tab produk kehalaman yang memungkinkan fans (penggemar) melihat semua produk dan dengan muah melakukan pembelian tanpa harus keluar dari facebook dan mengunjungi situs atau blog yang asing bagi mereka.
  4. Menata Aplikasi
    Fcebook mengijinkan Anda menginteraksikan sejumlah aplikasi ke halaman. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat kuis yang unik, game dan sejumlah fitur yang iteraktif. Tentu sebaiknya Anda membuat tampilan yang berbeda dengan kompetitor sehingga bisa menarik perhatian pelangga. Memang untuk menginteraksikan aplikasi di butuhkan pengetahuan teknis, namun itu bukan sesuatu yang tak bisa di pelajari.
Sekian semoga bermanfaat.

Disqus Comments