Cara Membaca Paragraf | Sistem Pemahaman Membaca Yang Efektif

Memperhatikan hakikat paragraf, syarat paragraf, jenis paragraf, letak pikiran pokok paragraf dan cara mengembangkan paragraf, maka kita juga perlu memiliki teknik atau cara membaca paragraf yang efektif. Berikut ini cara-cara membaca paragraf:

  1. Camkan bahwa paragraf adalah sebuah unit bacaan
    Sebuah paragraf pada umumnya merupakan sebuah pernyataan dan pengembangan suatu pikiran tertentu. Biasanya jumlah ide pokok sama dengan jumlah paragraf pada suatu bacaan. Pembaca yang trampil selalu memperhatikan paragraf yang ada untuk mengetahui jumlah ide pokok yang harus di camkan.
  2. Bacalah kalaimat pertama paragraf dengan cermat
    Kalimat pertama paragraf biasanya menyatakan pikiran utama paragraf tersebut. Jika Anda meragukan kalimat pertama sebagai pendukung ide pokok, coba gunakan Tes Ide Pokok berikt ini.
    • Pilihlah kalimat yang menurut pemikiran Anda menyatakan pikiran utama paragraf.
    • Bandingkan kalimat pilihan Anda itu dengan setiap kalimat dalam paragraf.
    • Jika kalimat yang Anda pilih menggabungkan seluruh kalimat dalam paragraf itu menjadi satu pikiran yang utuh, maka pilihan Anda itu benar.
    Jika ternyata pilihan Anda bukan pendukung ide pokok, maka cobalah prosedur yang ketiga berikut ini.
  3. Bacalah kalaimat terakhir yang Anda baca
    Kadang-kadang penulis mengikhtiarkan pikiran utamanya dalam kalimat terakhir paragraf. Jika dalam kalimat terakhir itu pun Anda tidak menjumpai pikiran utama paragraf gunakan prosedur ke empat berikut ini.
  4. Perhatikan semua fakta dalam paragraf secara seksama
    Bacalah paragraf itu seraya bertanya, apa arti semua ini? setiap fakta mungkin mempunyai makna yang mendukung ide yang tidak dinyatakan.
  5. Belajar mengamati kalaimat yang tidak mendukung
    Sering kali paragraf terdiri tidak dari kalimat-kalimat yang tidak memberikan dukungan langsung terhadap ide pokok. Kalimat-kalimat itu mungkin bersifat setara atau kolateral.
  6. Perhatikan kata-kata yang di cetak miring dan di cetak tebal, serta yang berwarna lain jika ada
    Cetak miring dan cetak tebal, serta warna lain, biasanya menunjukan suatu pembagian yang penting atau istilah yang khusus, atau yang perlu diperhatikan. Anda harus menyadari bahwa kata-kata seperti itu, perlu di ganti menjadi kata yang umum yang mudah di pahami. Sediakan juga kertas kosong untuk mencatat kata-kata baru /sulit. cari artinya di dalam kamus, dan pelajarilah
  7. Terkalah pikiran penulis
    Bacalah paragraf itu seperlunya saja. Bidikan perhatian Anda supaya dapat melihat dengan jelas apa yang dikatakan penulis. Periksalah terkaan Anda. Jika terkaan Anda benar, segeralah pindah keparagraf selanjutnya. Ini salah satu cara untuk mempertinggi kecepatan. Namun demikian, Anda membaca juga dengan maksud untuk mengingat perincian isi bacaan atau untuk pemahaman total. Kalau yang demikian itu maksud Anda , ikutilah petunjuk prosedur nomer 8.
  8. Membaca dengan tujuan mendapatkan fakta terinci
    Membaca dengan tujuan untuk memperoleh fakta-fakta terinci harus dilakukan sebagai berikut. Fokuskan atau pusatkan perhatian Anda pada pikiran utama. Supaya Anda dapat memahami paragraf secara lengkap usahakan agar Anda mengetahui setiap fakta dalam hubungannya dengan fakta lain. Hubungkan setiap fakta dengan pikiran utama. Dengan demikian setiap fakta akan merupakan bagaian dari pikiran utama yang lebih besar. Supaya Anda dapat melihat fakta-fakta dengan jelas dan hubungannya-hubungannya yang logis, catatlah kalimat topik pada buku catatan dan di bawahnya Anda buat daftar fakta-fakta yang mendukung pikiran utama. Cara ini dapat menolong Anda untuk memisahkan kalimat-kalimat yang tidak aktif mendukung perkembangan pikiran dalam paragraf. Selanjutnya baca balik pikiran utama dan lengkapi dengan fakta-faktanya.
Sekian semoga bermanfaat.

Disqus Comments