Skip to main content

9 Kesalahan Blogger Pemula

Setelah Anda tahu bagaimana memulai ngeblog, maka sebaiknya Anda menyimak beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Umumnya para pemula sering melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh bloger pemula dan berikut ini telah saya rangkumkan:

  1. Terlalu sibuk dengan tampilan
    Kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Gonta-ganti template, memasang dan mencopot widget, dll.

    Memiliki blog dengan tampilan yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog Anda menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tapi karena konten yang Anda sajikan di blog.
  2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas
    Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya dari hasil tulisan sendiri atau hasil jiplakan dari tulisan orang lain (blogger lain).
  3. Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek
    Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat tinggi. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan. Saran saya mendingan sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan dari pada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak praktekan.
  4. Tidak konsisten
    Biasanya seorang pemual di awal-awal ngeblog, ia sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih baik.
  5. Membahas terlalu banyak topik
    Apakah masalah kalo membahas banyak topik?

    Tidak. Tapi yang pasti blog Anda akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.
  6. Terlalu terobsesi dengan statistik blog
    Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Sehari bisa mengecek sampai ratusan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog dan hanya akan membuang-buang waktu Anda.
  7. Membuat terlalu banyak blog
    Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat Anda menjadi tidak fokus.

    Meskipun bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan Anda. Jika tujuan Anda ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.
  8. Terlalu berambisi mendapatkan uang secara cepat
    Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan yang paling penting adalah konsistensi.

    Awal-awal saya ngeblog sekitar tahun 2012 hingga sekarang dan baru kemarin saja yaya mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Waktu yang cukup lama memang mengingat saya memulai benar-benar dari nol. Anda mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Yang jelas butuh waktu, usaha dan konsistensi.
  9. Tidak memanfaatkan mesin pencari Google dengan maksimal
    Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar