Skip to main content

6 Trik Membuat Blog Bisnis Terlihat Profesional

Sebagai media resmi perusahaan, yang di buat harus profesional, di samping tentunya konten yang berkualitas. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar blog bisnis terlihat propesional, produktif dan mudah ditemukan, antara lain yaitu:
  1. Instal Plugin Blog Terbaik
    Jika menggunakan plaform Wordpress anda bisa menambahkan pligin untuk mengubah penampilan dan juga fungsi blog. Ada puluhan ribu plugin yang tersedia di dunia maya dan Anda bisa memilih mana yang cocok. Sebaiknya Anda fokus pada plugin untuk optimasi mesin pencari (SEO), plugin yang membantu proses loadig lebih cepat dan yang memudahkan pembaca untuk membagi konten blog melalui email atau situs jejaring sosial lainnya.
  2. Integrasikan Dengan Tombol Media Sosial
    Jangan takut mengintregasikan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan google + ke blog. Saat ini pemasangan tombol media sosial sudah dianggap lumrah. Selain untuk promosi tombol jejaring sosial juga bisa mendatangkan trafik.

    Jangan lupa memasangkan link twitter dan youtube di blog karena akan berpengaruh positif pada rengking blog di mesin pencarian.
  3. Fokus Pada Disain Yang Simpel, Tanpa Banyak Ornamen
    Fokus utama sebuah blog bisnis haruslah konten, dan bukan pada widget atau sidbar yang riuh dan 'bercahaya'. Biasanya blog yang terlalu ramai membuat pembaca tidak nyaman. Hindari memasang animasi atau benner yang menyolok mata. Disain yang terlalu ramai justru membuat blog terkesan tidak profesional.
  4. Pertimbangkan Disain
    Menggunakan disain yang simpel bukan berarti yang tidak standar dan ketinggalan jaman. Pakailah disain yang elegan, yang memunculkan rasa suka dari pengunjung.
  5. Menggunakan Domain Sendiri
    Pada tahap awal, terutama jika masih ingin menjajaki pasar, Anda bisa menggunakan domain gratis yang disediakan layanan tertentu (misalnya blogdetik, blogspot, posterous atau tumblr) untuk blog bisnis Anda.

    Namun jika ingin lebih serius, sebaiknya Anda mempertimbangkan memiliki domain sendiri. Usahakan domain yang dipilih memiliki relevansi dengan produk yang dijajakan. Jadi misalnya blog Anda menjajakan martabak, sebaiknya memilih domain yang terkait degan martabak (misalnya 'martabakmantab.com' atau 'martabakenak.co.id').

    Akan terasa aneh jika Anda menjajakan martabak namun nama domainnya 'jerukmanis.com'. Sebaiknya Anda memilih domain yang berektensi dot com. Pemakaian domain menunjukan sendiri menunjukan bahwa Anda serius dan profesional.
  6. Jangan Sembunyikan Halaman 'About us'
    Halaman 'about us' atau 'tentang kami' sangat penting untuk blog bisnis. Karena pembaca blog sebelum memutuskan menjadi pelanggan akan mencari informasi siapa pemilik blog atau perusahaan yang akan menjadi patnernya dalam bertransaksi.

    Pada halaman 'about us' tuliskan tentang diri Anda. Tentu saja Anda tak perlu menceritakan panjang lebar, hingga ketanggal kelahiran, apa nama zodiak Anda serta kucing kesayangan Anda.

    Jika produk yang di jual ditujukan untuk pasar dalam dan luar negeri, Anda bisa membuat halaman 'about us' dalam dua versi yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

    Jika saat bertransaksi Anda mencantumkan nomor rekening bank dengan nama tertentu, pastikan nama pada rekening sama dengan yang di jelaskan dalam 'about us'. Jika berbeda, pembaca akan bertanya-tanya kenapa pengelola blog dan nama rekening adalah orang yang berbeda.

    Jika pengunjung curiga atau tidak yakin, transaksi tak akan pernah terjadi. Jika menyembunyikan 'about us ' pembaca serta calon pelanggan akan curiga bahwa Anda menyembunyikan sesuatu.
Sekian, semoga bermanfaat.

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar