5 Tips Memulai Ngeblog Yang Baik

Memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri. Agar kita tidak bingung maka dari itu sebelum kita memulai ngeblog, kita harus memiliki tujuan yang jelas. Berikut ini beberapa tips memulai blog yang baik dan benar menurut saya.hehe
  1. Menentukan Tujuan Ngeblog
    Apakah tujuan ngeblog itu penting?

    Sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita. Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.
  2. Menentukan Atau Memilih Topik
    Pilihlah topik yang benar-benar Anda minati sesuai dengan hobi atau keahlian Anda. Jika Anda memilih topik yang Anda sendiri tidak begitu suka atau di luar keahlian, maka secara otomatis blog Anda tidak akan bertahan lama.
  3. Memilih Layanan
    Banyak sekali penyedia layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat buat Anda yang notabennya seorang pemula. Selain karena gratis, Blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.
  4. Mulai Menulis
    Jika Anda sudah menentukan layanan blog dan sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog Anda dengan tulisan / artikel. Mulailah menulis apa saja yang ingin Anda tuliskan dan tentunya tulisan / artikel sesuai dengan topik yang sudah Anda tentukan. 
  5. Mempercantik Tampilan Blog
    Hal ini sebenarnya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalau dilakukan asal tidak berlebihan.

    Anda bisa mengganti template (tampilan blog) dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang dan lain-lain. Tapi perlu diingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu. Tidak hanya itu juga, terlalu banyak aksesoris akan memperlambat loading pada blog Anda.


    Disqus Comments