5 Tips Meghadapi Orang Yang Mudah tersinggung

Setiap orang memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ini adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi begitu berwarna, manis, asam, asin, dan lain-lain. Kadang juga terasa pahit karena hal-hal yang tidak kita inginkan atau harapkan.

Salah satu karakter orang yang sulit dihadapi dan terkadang membuat kita serba salah adalah orang dengan sifat mudah tersinggung. Menghadapi orang mudah tersinggung, tentu kita harus berhati-hati setiap bertingkah dengan orang bersifat mudah tersinggung.


Tip untuk menyikapi seseorang yang mudah tersinggung :
  1. Kenali Dia
    Pastikan kamu tahu hal-hal yang tidak dia sukai. Dengan begitu kamu bisa berusaha agar tidak melakukan atau mengatakan hal-hal yang bisa membuatnya marah atau tersinggung.
  2. Hindari untuk berdebat dengannya
    Seperti yang kita tahu, saat berdebat kita bisa saja mengatakan hal-hal yang tidak semestinya kita katakan, karena saat berdebat kita akan begitu saja mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran kita tanpa memikirkan dampak setelahnya. Dengan menghindari berdebat dengan orang yang mudah tersinggung, maka akan lebih mudah bagi kita untuk tidak memancing emosinya.
  3. Segera minta maaf apabila Anda membuanya tersinggung
    Saat orang tersebut merasa tersinggung dengan tingkah atau ucapan kita, berusahalah untuk segera meminta maaf dan setelah itu cobalah untuk bersikap biasa saja. Jangan sampai kamu merasa terlalu bersalah sehingga menghidari dia. Hal itu justru membuat orang tersebut berfikir kalau kamu kesal dengannya.
  4. Jangan memaksanya untuk mengatakan hal yang tidak ingin dia katakan
    Terkadang privasi adalah hal yang mudah membuat seseorang merasa tersinggung. Saat dia punya masalah, tanyakan saja apa mungkin kamu bisa membantu. Tapi saat dia enggan untuk mengatakannya, janganlah kamu paksakan.
  5. Sabar dan jangan mudah emosi
    Bersikaplah sabar untuk menghadapi orang yang memiliki sifat mudah tersinggung. Emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah, hal itu justru akan membuat suasana semakin memanas dan mengancam tali pertemanan di antara kalian.
Itulah hanyalah beberapa dari banyak cara yang ada. Menghadapi orang yang sensitif atau mudah tersinggung itu gampang-gampang susah. Kalau kamu sudah merasa mentok untuk menghadapi orang seperti itu, lebih baik kamu abaikna saja. Orang yang mudah tersinggung biasanya merasa lebih baik saat seseorang di sekitarnya tidak banyak bicara. Kalau tiba-tiba di kesal sama kamu tanpa alasan yang jelas, tentu kamu harus menanyakan dulu sebab kekesalannya, kalau dia tidak mau menjelaskan ya abaikan saja. Anggap saja kalau antara kamu dan dia tidak ada masalah apa-apa. 

Demikian dan semoga bermanfaat.

Disqus Comments