4 Tips Agar Membaca Itu Menyenangkan

Membaca merupakan suatu kegiatan untuk memperkaya khasanah keilmuan, namun bagi sebagian orang membaca terkadang menjadi sebuah hal yang membosankan. Kegiatan  membaca terkadang membuat kita tak betah berlama-lama. Baru saja membaca beberapa kalimat rasanya sudah merasa bosan dan mata mengantuk sehingga adanya keinginan untuk tidur. Tetapi apabila kita mengerti teknik membaca yang benar maka kegiatan membaca akan menjadi suatu kegiatan yang mengasyikkan dan membuat kita ketagihan.

perpustakaan daerah kabupaten puworejo

Menumbuhkan minat baca pada anak-anak dapat dimulai sejak dini. Caranya, bukan menjejalinya dengan buku yang bertumpuk-tumpuk. Cobalah untuk mengenalkannya dengan aktivitas membaca. Buat suasana yang menyenangkan, sehingga ia pun akan senang menjalani aktivitas ini.

Ada banyak cara yang  dapat kita lakukan agar membaca itu menyenangkan, seperti:
  1. Ambillah bahan bacaan yang menarik. Buku yang kita baca seharusnya menarik, menarik dalam hal ini bukan berarti covernya yang warna-warni atau gambarnya yang lucu tetapi menarik disini adalah bacaan yang sesuai dengan kesukaan isi hati kita. Apabila bahan bacaan yang kita baca menarik dan tentunya tidak membosankan, lama kelamaan kita akan terbiasa untuk membaca. Rasa penasaran akan timbul dengan sendirinya sehingga keinginan kita untuk terus membaca akan semakin berkembang dengan sendirinya.
  2. Ciptakan suasana dan tempat yang nyaman untuk membaca. Kegiatan membaca adalah suatu kegiatan yang membutuhkan rasa tenang, nyaman dan tenteram. Apabila hal- hal tersebut sudah terpenuhi maka kita akan lebih cepat menerima  ilmu dan informasi dari bahan bacaan yang kita baca. Suasana yang nyaman juga akan membuat kegiatan membaca jauh lebih menyenangkan. Kalau tidak, ujung-ujungnya kita akan mudah  merasa bosan dan mengantuk. Apabila kita membaca sebaiknya kita mencari tempat yang senyaman mungkin. Seperti di tempat sepi, taman, teras rumah, atau tempat lain yang dapat membuat kita merasa nyaman dan betah untuk membaca.
  3. Waktu yang tepat. Suatu hal yang tidak kalah penting adalah mengenai waktu membaca, sebaiknya kita mencari waktu yang tidak bersamaan dengan rutinitas kita. Pilihlah waktu senggang di mana kita benar-benar tidak melakukan hal apapun misalnya saat sebelum tidur malam. Terkadang seseorang harus membaca sebuah buku atau bahan bacaan lainnya untuk membuat dia mengantuk dan akhirnya bisa tertidur. Apabila kita telah terbiasa membaca sebelum tidur maka bisa jadi akan menjadi kebiasan.
  4. Mencari teman yang suka membaca. Biar semangat membaca kita semakin membara, carilah teman yang suka membaca juga. Apabila kita sudah punya teman yang hobinya sama yaitu membaca, pasti kegiatan membaca akan semakin mengasyikkan. Kita bisa membaca dan mengajak teman untuk berdiskusi bersama. Interaksi inilah yang nantinya akan membuat kita semakin terpacu untuk membaca lebih banyak buku dan bahan bacaan lainnya.
Mulailah untuk membaca. Membiasakan hal yang baik terkadang sulit kita lakukan begitu juga dengan membaca. Apabila kita sudah terbiasa membaca maka membaca akan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan pastinya akan membuat kita ketagihan untuk membaca.

Disqus Comments