Trik Untuk Bloging Yang Efektif

Blog merupakan media efektif untuk memeperkenalkan dan mempromoskan layanan atau produk yang dijual. Supaya bisa efektif, ada beberapa hal yang harus di lakukan antara lain:

  1. Promosikan diri sebagai pakar
    Sebagai pemilik blog produk atau layanan, sangat penting bagi Anda untuk mempromosikan diri sebagai pakar dibidang yang digeluti. Postingan yang dibuat harus menjawab kebutuhan pengguna sekaligus memberi solusi.

    Ketika terjadi komunikasi dengan pembaca, misalnya melalui fasilitas komentar, jangan sekali-sekali memeberi kesan bahwa anda ragu atau tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan. Anda harus memberi jawaban yang pasti dan memeberi kesan kuat.

    Jadi tuliskan topik yang terkait dengan apa yang terjadi pada perusahaan, namun di saat yang sama paparkan hal yang menarik, penting dan bermanfaat tentang berbagai hal yang terjadi pada bidang yang Anda geluti. Jika Anda konsisten, pengunjung akan menganggap blog Anda sebagai sumber kredibel dan Anda akan dipercaya sebagai ahli untuk bidang itu.
  2. Bagikan pengalaman dan informasi
    Pembaca menyukai tulisan yang memberi panduan tentang sesuatu, atau pengalaman seseorang pada sesuatu. Jadi dalam posting pemilik blog harus mau berbagi pengalaman dan informasi, selain ide dan konsep. Tuliskan posting yang mendidik, mengispirasi, dan syarat informasi. Sewaktu-waktu anda bisa menulis berbagai kisah sukses yang terjadi pada industri yang digeluti. Anda juga bisa meminta pembaca memaparkan pengalaman atau kesuksesan yang mereka alami.

    Pemilik blog juga harus jeli menggali peluang untuk membagikan ide seputar produk kepada calon pelanggan. Misalnya dengan mengumumkan event tertentu (misalnya peluncuran produk baru), kontes, pemberian, award dan berita lainnya.
  3. Memberikan solusi
    Banyak blog bisnis yang yang terlalu fokus pada promosi serta mencoba meningkatkan penjualan, dan melupakan satu hal penting. Yakni memberi solusi pada persoalan yang dihadapi pembaca. Sebuah blog yang bisa memberi solusi dan menawarkan alternatif jalan keluar pada masalah yang dihadapi pelanggan akan disukai pembaca.

    Jadi cobalah memikirkan apa kira-kira masalah yang dihadapi pembaca. Jika merasa enggan untuk berpikir, tanyakan langsung kepada pembaca kemudian tuliskan solusi itu dalam bentuk tips dan trik.
  4. Tetap segar dan kombinasikan
    Blog harus di update secara berkala, dengan konten yang segar. Kombinasikan teks dengan gambar serta video. Jika terpaksa mengulangi berita terdahulu (mengingatkan tentang agenda atau event tertentu), pastikan bahwa konten lama itu menjadi segar dengan mendaur ulang tulisan.
  5. Berinteraksi dan terima masukan
    Dengan blog Anda bisa berinteraksi dan  menerima masukan dari pembaca atau pelanggan. Biasanya masukan (dan mungkin juga kritik-kritik) disampaikan melalui fasilitas komentar. Pastikan Anda selalu membalas komentar atau masukan dari pembaca Jika komentar pembaca tak ditanggapi, Anda akan di anggap tidak peduli pada pelanggan. 

    Jika di perlukan Anda juga bisa membuat halaman khusus yang berisi pertanyaan umum yang biasa di ajukan beserta jawaban (Q & A). Lengkapi blog dengan fasilitas share sehingga pembaca bisa membagi konten di blog kesejumlah media sosial, seperti Facebook, Twitter atau Google +.
  6. Jadikan blog sebagai pusat kegiatan
    Jadikan blog Anda sebagi pusat dari berbagai kegiatan terkait promosi atau yang lainnya. Karena sebagai pemilik blog Anda punya wewenang penuh pada konten blog, beda dengan misalnya facebook, twitter atau google + yang punya kebijakan tertentu dan kadang kala berubah seiring berlalunya waktu.

    Dengan blog sebagai pusat kegiatan Anda bisa merancang berbagai "cabang" kegiatan terutama untuk media sosial.
  7. Tautan balik ke blog
    Usahakan untuk selalu membuat tautan balik (backlink) ke blog atau posting terkait. Gunakan tag dan kata kunci agar tulisan yang dibut di sukai mesin pencari.
  8. Loyalitas pembaca tak bisa dibeli
    Loyalitas pembaca tak bisa dibeli dengan uang. Loyalitas juga tak bisa tumbuh dengan sogokan atau iming-iming hadiah. Loyalitas tumbuh secara alamiah, dan itu memerlukan proses.

    Loyalitas akan tumbuh jika pembaca mempercaya Anda dan Anda mengenal mereka. Jadi pikirkan kira-kira topik apa yang disukai pembaca dan paparkan dengan cara yang unik dan dari sudut pandang berbeda.

    Membuat blog yang di hormati dan populer itu perlu waktu, dan tentu tak akan terwujud dalam semalam, atau satu dua bulan. Jadi fokuslah pada konten berkualitas, dan gunakan situasi media sosial untuk membagikan tulisan yang di buat.

    Sedapat mungkin, balaslah komentar yang diberikan pembaca. Membalas komentar merupakan pertanda kalau Anda menghargai mereka. Jika merasa dihargai, pembaca akan senang, dan loyalitas akan terbangun dengan sendirinya.
Sekian "Trik untuk bloging yang efektif" semoga bermanfaat.


Disqus Comments