Trik Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan Yang Aman

Dari sekian banyak faktor yang membuaat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan yaitu ketidaktahuan akan sumber informasi lowongan pekerjaan. Kondisi tersebut sering terjadi kepada pencari kerja yang berlatar belakang pendidikan rendah, mobilitas rendah, tidak banyak bergaul, dan kurang mempunyai akses terhadap jalur-jalur informasi. Sebenarnya ada banyak sumber informasi lowongan pekerjaan yang mudah di akses di sekitar kita, tinggal bagaimana kita mencarinya. Tingkat kemauan dan kegigihan juga menjadi faktor penentu memperoleh informasi lowongan pekerjaan.
Trik Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan Yang Aman

Berikut beberapa hal yang dapat di pergunakan sebagai sumber informasi lowongan pekerjaan.
  1. Lingkungan Sekitar

    Tanpa disadari, terkadang informasi lowongan pekerjaan datang dari lingkungan sekitar kita. Lingkungan itu bisa berupa keluarga, karib kerabat, sahabat, teman, atau tetangga. Lingkungan sekitar kita merupakan salah satu media yang paling efektif untuk mencari informasi pekerjaan, terutama saudara atau teman kita yang sudah bekerja. Mereka ini tentunya mempunyai wawasan yang lebih luas di bandingkan kita dalam dunia kerja.

    Anggota keluarga juga memiliki peranan yang cukup penting. Oleh karena memiliki ikatan emosional, anggota keluarga memiliki rasa tanggungjawab terhadap kita untuk segera mendapatkan pekerjaan. Posisi ini lh yang menjadikan mereka memiliki loyalitas yang tinggi kepada kita untuk ikut mencarikan informasi lowongan pekerjaan. Pola seperti ini juga bisa terjadi pada sahabat-sahabat kita, terutama sahabat yang mempunyai kedekatan pribadi dengan kita. Oleh karena itu, optimalkan potensikan lingkungan sekitar kita untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan lingkungan sekitar.
    • Menjalin hubungan baik dengan keluarga,sahabat ataupun krabat. Pupuklah rasa persaudaraan dan solidaritas dengan mereka. Usahakan agar orang-orang disekitar lingkungan ikut merasakan kebutuhan kita akan sebuah pekerjaan.
    • Menjalin komunikasi dengan keluarga, sahabat ataupun kerabat.
    • Jangan Lelah untuk bertanya. Sering kali kita merasa gengsi atau malu untuk menanyakan informasi lowongan kepada orang di lingkungan sekitar.
  2. Almamater (Kampus) dan Sekolah
    Almamater (kampus) dan sekolah tempat dulu kita menimba ilmu merupakan salah satu tempat strategis untuk berburu informasi lowogan pekerjaan. Perusahaan-perusaan modern biasanya lebih suka menjaring calon karyawannya melalui kampus atau sekolah kejuruan.

    Hal ini tidak terlepas dari tujuan sekolah kejuruan yang menyiapkan anak didiknya siap terjun langsung ke dunia pekerjaan. Sekolah kejuruan yang mempunyai jalur atau kerjasama dengan suatu perusaan biasanya sering menempelkan lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menengoknya secara berkala.
  3. Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi
    Dinas tenaga kerja dan transmigrasi merupakan instasi pemerintah yang memiliki wewenang mengurusi masalah ketenaga kerjaan, termasuk para pencari kerja. Di tempat ini tersedia informasi lowongan pekerjaan yang dapat di akses oleh siapa saja. Saya juga menyarankan untuk melihat secara periodik agar anda tidak ketinggalan informasi lowongan pekerjaan yang anda butuhkan.
  4. Media Masa
    Media masa merupakan salah satu sumber lowongan pekerjaan yang paling banyak di manfaatkan para pencari kerja. Di media ini biasanya perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru sering memasang pengumuna dalam bentuk iklan. Jenisnya antara lain:
    • Koran (surat kabar)
    • Radio
    • Televisi
  5. Internet
    Internet merupakan salah satu sumber yang sekarang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Untuk mendukung kinerjanya, sebuah perusahaan (terlebih yang sudah go internasional) biasanya mempunyai website tersendiri. Dengan websitenya tersebut perusahaan dapat menginformasikan seluk-beluk perusahaan, mulai dari profil hingga produk-produk yang di hasilkan. Tidak terkecuali saat membutuhkan karyawan baru, perusaan memanfaatkan websitenya untuk memublikasikan pengumuman tersebut.

    INternet memang mudah di akses, namun tak jarang ada yang melakukan penipupuan dengan media internet, sebelum kita tertipu alangkah baiknya kita mengecek informasi dan validasi perusahaan tersebut.
  6. Bursa Kerja
    Bursa kerja merupakan ajang perusahaan-perusahaan menjaring karyawan-karyawan baru. Bursa kerja biasanya di buka dalam waktu tertentu, misal 6 bulan sekali atau setahun sekali. Kegiatan ini biasanya di koordinasi oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi (provinsi, kabupaten/kota) atau even organizer (EO) yang bekerja sama dengan banyak perusahaan.
  7. Perusahaan
    Tidak semua perusahaan memublikasikan kebutuhan tenaga kerja baru melalui media massa, dinas ketenaga kerjaan dan trasmigrasi, atau pun bursa kerja. Ada juga perusaan yang mengumumkanya di papan pengumumannya sendiri atau bahkan tidak memublikasikannya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita mencari informasi langsung keperusahaan-perusahaan dengan cara mendatanginya.
Demikian trik mencari informasi lowongan pekerjaan yang aman. semoga ada manfaat yang bisa kita dapatkan dali tulisan saya ini. sekedar mengingatkan saja jangan lupa komen share ke keluarga dan teman-teman anda. terimakasih

    Disqus Comments