Skip to main content

Syarat Layanan Web Hosting

Mengingat pentingnya web hosting maka Anda perlu penyedia layanan web hosting profesional. Ada persyaratan yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah layanan web hosting profesional, diantaranya:

  1. Support
    Anda sebaiknya memilih layanan web hosting yang memiliki support atau dukungan yang bisa dihubungi kapan saja dibutuhkan, baik melalui telepon, email atau fasilitas chatting. Idealnya layanan itu bisa di hubungi 24 jam.
  2. Cadangan
    Pastikan layanan atau perusahaan web hosting yang disewa menyediakan fasilitas backup atau cadangan. Ini diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti hilangnya data atau karena ketidak sengajaan Anda menghapus beberapa konten penting. Layanan hosting yang menyediakan fasilitas cadangan akan memulihkan data yang terhapus dalam sekejap.
  3. Jaminan Uptime
    Pilihlah layanan yang menyediakan jaminan uptime, sehingga blog Anda akan tetap online apapun yang terjadi. Layanan web hosting profesional biasanya memiliki sejumlah lokasi cadangan, sehingga jika terjadi sesuatu pada sebuah server mereka akan tetap menjamin blog pelanggan tetap online karena punya cadangan server di tempat lain.
  4. Layanan Blog
    Pastikan layanan web hosting menyediakan fasilitas untuk blog. Saat ini umumnya web hosting menyediakan fasilitas blog, namun ada juga yang tidak, Fasilitas blog yang harus ada adalah Wordpres (platform blog paling populer), disusul Joomla dan Drupal.
  5. SkalabilitasPastikan memiliki layanan web hosting yang bisa mengikuti irama blog Anda. Misalkan Anda memilih paket murah dengan bandwidth tertentu, layanan web hosting harus menyediakan fasilitas upgrade jika sewaktu-waktu Anda ingin meningkatkan space dan bandwidth.

    Penambahan bandwidth diperlukan jika pengunjung blog meningkat tajam (misalnya karena diulas media masa terkemuka). Pastikan pula upgrade yang dilakukan tidak menjerat leher Anda (mahal).
  6. Strategi Untuk Keluar
    Sekalipun Anda menyukai layanan web hosting tertentu, pastikan membaca ketentuan jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk pindah kelayanan web hosting lain. Ada layanan web hosting tertentu yang mempersulit upaya pelanggan yang ingin pindah ketempat lain. Jadi pastikan layanan web hosting yang disewa punya aturan tertulis seputar tata cara pengalihan atau pemindahan domain ketempat lain.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar