Keistimewaan dan Manfaat Wanita Berhijab

Tentu kita bertanya-tanya, mengapa sebagian besar umat muslim banyak yang memutuskan tidak berhijab? Padahal berhijab itu hukumnya wajib bagi wanita muslim. Kali ini penulis akan menjelaskan seclumik pengetahuan tentang kewajiban berhijab dalam Islam dan manfaat apa saja yang di peroleh apabila seorang memutuskan untuk berhijab.

Keistimewaan dan Manfaat Wanita Berhijab

Perlu diketahi , bahwa yang membedakan antara manusia dengan hewan adalah faktor pakaian dan alat-alat perhiasan. Allah SWT berfirman dalam QS. Al Araf 26:

"Hai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan dan pakaian takwa itulah yang paling baik"

Pakaian dalam islam bukan hanya sekedar perhiasan yang menempel ditubuh, tetapi untuk menutupi aurat. Maka dari itu Islam mewajibkan setiap wanita muslim untuk menutupi anggota tubuhnya yang dapat menarik perhatian lawan jenisnya. Masalah berhijab bagi wanita muslim bukanlah masalah sederhana sebagaimana banyak yang disangkakan oleh masyarakat awam, melainkan masalah besar dan substasial dalam agama ini.

Berhijab bukanlah sisa peninggalan adat atau kebiasaan wanita Arab, sehingga wanita non-Arab tidak perlu menirunya, namun berhijab bukanlah masalah khilafiah, yang diperselishikan ada tidaknya behijab itu sehingga wanita muslim bebas mengenakan atau tidak, tetapi hijab adalah suatu hukum tetap dan pasti yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada wanita muslim untuk mengenakannya. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab 59:

"Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : Hendalah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. Kerena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Dari ayat tersebut telah dijelaskan secara gamblang tentang pakaian yang harus dikenakan seorang muslimah, yaitu wajib menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Ketetapan syari'at ini tidak lain adalah untuk melindungi, menjaga dan membentengi wanita dari laki-laki yang bukan mahramnya. Berikut ini saya berikan satu contoh yang sangat logis mengenai keistimewaan wanita berhijab.
    Logikanya begini bayangkan saat anda membeli kue di pasar. Pertama, ada kue yang terbungkus dengan daun pisang dengan di balut plasti putih. Kedua, ada kue yang tidak dibungkus dengan apapun dan di kerumuni banyak lalat. Nah, kue yang mana yang anda pilih? Tentu saja kue yang terbungkus dengan daun pisang dan plastik. Karena kue yang di bungkus terjamin kebersihannya dari kontaminasi tangan yang penuh dengan kuman dan virus. Begitu juga wanita berhijab. Mereka akan lebih dipilih sebagai pendamping hidup, kecuali wanita berhijab yang masih tidak bisa menjaga dirinya. MIsalnya berikhtilat dengan kaum laki-laki.

    Kesimpulanya kaum Adam secara fitrah lebih menyukai wanita berhijab.

    Lalu apa manfaat dari berhijab itu?
    Manfaat berhijab itu sebenarnya banyak sekali namun, kali ini penulis akan memberikan 3 contoh saja.
    1. Menaati Perintah Agama
    2.  Terhindar dari godaan untuk centil dan tidak sopan.
    3. Laki-laki akan merasa enggan mengganggu atau menggoda anda.

    Disqus Comments