Skip to main content

Tips Membuat Liburanmu Menjadi Bermakana!

Penahkah Anda mendengar lagu "Libur telah tiba - libur telah tiba, Hore!!! Hatiku Gembira"?

Kita mungkin akan sedikit bernostalgia ketika mendengarkan lagu "Libur telah tiba - libur telah tiba, Hore!!! Hatiku Gembira" ini. Lagu anak-anak yang populer pada tahun 90-an ini dinyanyikan oleh penyanyi Cilik yang bernama Tasya Kamila.

Liburan memang menjadi topik yang selalu menarik dimanapun kita berada, baik di sekolah, di kuliah maupun ditempat kerja. Di setiap sekolah, kuliah maupun ditempat kerja anda pasti ada seseorang teman yang disebut "mister hari libur" yang paling mengetahui kapan tanggal merah, kapan cuti bersama dan kapan libur panjang.



Nah, kalau seandainya di bulan-bulan tertentu banyak hari libur atau tanggal merah karena peringatan ini dan itu, maka tak jarang dari kita ataupun teman kita akan menanyakan "kapan libur?" atau "mau liburan kemana?" dan lain sebagainya. Seperti halnya bulan April dan bulan Mei tahun ini di penuhi dengan berbagai macam tanggal merah dan cuti bersama tentu saja sudah terbayang libur panjang yang akan menanti kita.

Harus kita akui, siapapun orangnya dan apapun profesinya pasti menyukai hari libur. Libur dapat diartikan istirahat sejenak dari tekanan tuntuan aktifitas, seperti sekolah, kuliah ataupun kerja yang tak henti-henti. Bahkan ada yang mengartikan hari libur ini dengan hari malas, artinya hari libur adalah hari dimana kita tidak melakukukan rutinitas kita dan menghabiskan hari diatas kasur dan ditemani dengan smartphone.



Liburan adalah kesempatan kita melakukan banyak hal yang tidak bisa kita lakukan ketika sekolah, kuliah ataupun kerja. Jujur saja kamu memiliki kegiatan yang kamu sukai namun jarang dilakukan karena kesibukan sekolah, kuliah ataupun kerja, nah hari libur menjadi kesempatan untuk kamu melakukan aktifitas atau kegiatan yang kamu sukai.

Kebanyakan orang di hari pertama mereka masuk sekolah, kuliah ataupun kerja akan kehilangan semangatnya. Hal ini disebabkan karena mereka melalui libur dengan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti tidur, main game, nonton tv yang berlebihan dan lain sebagianya sehingga mereka akan kehilangan gairah ketika memulai hari pertama masuk sekolah, kuliah ataupun bekerja.

Hal ini harus kita siasati agar hari pertama kita masuk sekolah, kuliah ataupun kerja tetap semngat. Caranya yaitu dengan mengisi kegiatan hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat, karena dengan kegiatan yang bermanfaat akan meningkatkan mood kita, sehingga di hari pertama kita masuk sekolah, kuliah ataupun bekerja tetap semanga 45.




Nah disini saya akan berbagi tips positif agar liburan panjang kamu menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.
  1. Mengerjakan apa yang menjadi hobi kamu sepuasnya (tapi hobi yang positif ya!!!)
    Waktu liburan adalah waktu yang tepat bagi kita untuk hobby kita sepuasnya tapi masih dalam atura ya. Mentang-mentang sepuanya bebas melakukan apa saja, ya tentunya tidak.

    Jika anda hobby melakukan adventur anda bisa mendaki bersama teman-teman ataupun jika hobby anda menulis dan selalu terhalang dengan kesibukan anda maka di waktu libur anda bisa menulis sepuasnya.
  2. Mengunjungi keluarga dan sahabat
    Kesibukan di tempat kerja kadang membuat kita keluarga dan teman-teman kita, kalaupun bisa bertemu itu hanya sebentar saja, sehingga kamu tidak bisa bercengkrama dengan dengan mereka lebih lama. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga itu sangat penting demi tetap menjaga keharmonisan keluarga, sehingga hari libur dapat dimanfaatkan dengan baik.

    Walaupun teknologi sudah maju, kita tetap bisa bertatap wajah walaupun berjauhan dengan video call, namun itu tidak bisa mengobati rasa rindu dengan keluarga taupun dengan teman-teman.

    Setelah kamu puas mengunjungi keluarga dan teman-teman, maka pikiran kita akan menjadi fres dan kita siap untuk mulai hari pertama masuk sekolah, kuliah, ataupun kerja.
  3. Ibadah dan perbanyak intropeksi diri
    Ini yang paling penting, namun sering di abaikan oleh kebanyakan orang dan tidak terkecuali saya. Ketika liburan kita memiliki banyak waktu untuk beribdah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada Nya, mulai membaca Al Qur'an, mengikuti majelis pengajian dan intropeksi diri dari semua dosa-dosa yang sudah kita perbuat.

    Bila di waktu kerja kita kesulitan mengikuti kajian-kajian rohanian, maka waktu libur adalah waktu yang paling tepat. Dengan demikaian kita kan menyadari bahwa hal yang paling penting di dalam hidup ini adalah ibadah. Ibadah akan membuat mental dan jiwamu semakin kuat menghadapi masalah dan tekanan yang ada ki tempat anda bekerja.




Itulah tips yang bisa kamu lakukan ketika anda berlibur, sehingga liburan anda menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.  Karena jika liburan kita bermakna dan bermanfaat akan akan menjadi lebih bersemangat lagi ketika kita memulai hari pertama masuk sekolah, kuliah, ataupun kerja.

Selalu semangat terus dan jangan lupa share tulisan ini ke sahabat dan kerbat kamu ya.!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar