Salah kaprah "antara jus dan smoothie"

Meski mengetahui makan buah dan sayur dapat menyehatkan, tidak semua orang bisa disiplim melakukannya. Bahkan, ada pula yang sama sekali tidak suka mengonsumsi buah dan sayuran, terutama anak-anak. Untuk orang dewasa, setidaknya hanya perlu bahwa makan buah dan sayur bisa membuat umur menjadi lebih panjang, tubuh kita lebih sehat, kulit lebih cerah, dan banyak manfaat lainya. Dengan demikian mau tidak mau kita akan lebih sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur, Mengenyahkan rasa malas membeli buah dan sayur serta mengolahnya agar enak di konsumsi. Salah satu caranya adalah mengolah sayr dan buah menjadi jus atau smoothie. Mengapa? Karena itu adalah salah satu cara tercepat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh kita. Anda tahu sebabnya? Itu karena makanan kita saat ini tidak "sesehat" dan "sebersih" makanan orang tua kita dulu. Coba cek saja, pengawet bertebaran di setiap makanan, demikan pula dengan pewarna, dan pemanis buatan. Tapi sayangnya, kita sering kalah melawan hawa nafsu sendiri.
jus mangga
Jus yang kita kenal atau sebagian besar masyarakat Indonesia kenal sebenarnya adalah smoothie. Entah siapa yang mempopulerkannya, tetapi bisa jadi karena tidak ada padanannya dalam bahasa indonesia smoothie diterjemahkan sebagai jus. Karena sepertinya tidak lucu jika smoothie diterjemahkan menjadi bubur buah atau lembutan. Tampaknya tidak komersil juga jika di jadikan komoditas dagang. Coba saja, jika ada gerai bubur buah segar dan gerai jus segar tentunya akan lebih menak gerai jus segar dari pada gerai bubur buah, meskipun sebenarnya yang di jualnya smoothie-smoothie juga.

Jika dirasa mahal untuk membeli jus atau smoothie, anda bisa membuatnya sendiri dengan kombinasi buah dan sayur yang di inginkan. Selain lebuh praktis, tingkat higenis buah dan sayur yang anda gunakan pun lebih terjamin. Tetapi anda haru punya stok buah dan lemari es dan di dapur. Keunggulan lainya adalah mafaat sehatnuya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda untuk detoksifikasi, untuk kecantikan, untuk memulihkan tenaga, atau untuk kesehatan. Hal yang terpenting adalah pengetahuan tentang kasihat bahan yang digunakan sehingga apa yang menjadi tujuan bisa tercapai.

Bisa jadi terbesit dalam benak anda, apa bedanya jus dan smoothie kalau memenang keduanya berbeda, dan mana yang paling meyehatkan tubuh kita? Jawaban untuk pertanyaan pertama bedanya smoothie degan jus adalah pada ampasnya jika pada smoothie keseluruh sayuran atau buah yang yang kita blender, sedangkan jus kita hanya minum sarinya.

Manfaat lebihnya mungkin ada pada smoothie karena serat tak terlarut yang ada pada sayur dan buah yang di haluskan tersebut kita makan juga. itu akan membuat kita lebih cepat kenyang karena serat bersifat bulky. Selain itu adalah manfaat lainya serat makanan juga berfungsi ibarat sapu yang bisa membersihkan sistem pencernaan. Serat makanan juga bisa berperan ibarat spon yang menyerap racun-racun dan kolesterol berlebih yang ada pada tubuh sekaligus membersihkan pencernaan, dan satu lagi membuat kita membuang air lebih lancar. Mengapa? Karena serat memberikan masa lebih pada fases sehingga dia akan lebih cepat turun ke anus dan mengendor kepintunya untuk minta di keluarkan. Pada saat itu pula serat yang ada pada fases menyapu dinding-dinding usus danmembersihkannya agar tidak ada zat racun berbahaya yang menempel pada dinding usus tersebut yang bisa menyebabkan timbulnya tunas-tunas penyakit penyebab kanker usus besar atau kanker rektum.

Lalu bagaimana dengan jus? Jus tetap sama bermanfaatnya sebagaimana smoothie, tetapi jus kandungan serat yang tak terlarutnya relatif tidak ada. Jus lebih banyak mengandung vitamin, mineral dan serat tidak terlarut serta tidak terlalu mengenyangkan sebagaimana smoothie. Perbedaan lainya adalah jus sama sekali tidak ada tambahan air, berbeda dengan smoothie yang memerlukan tambahan air untuk membantu dalam melembutkan buah dan sayur dalam blender.

Meskipun ada perbedaan diantara keduanya, itu tidak berarti yang satu lebih baik dari pada yang lainnya. Keduanya sama-sama baik dan sama-sama menyehatkan kita. Selain itu, selang-seling antara jus dan smoothie merupakan kombinasi yang baik untuk kita minum setiap hari.


Disqus Comments