Skip to main content

Fungsi Perpustakaan di Era Modern

Akhir-akhir ini saya sering datang ke perpustakaan desa. Bukan untuk mencari referensi atau sekedar membaca cerita-cerita pendek ataupun novel, melainkan membantu para pengurus perpustakaan desa untuk meningkatkan minat kunjungan anak-anak, pemuda ataupun masyarak di desa saya. Masyarakat memandang perpustakaan itu kuno, berdebu, dan tempatnya kurang mengenakan. Oleh karena itu saya merasa gagal membantu pengurus perpustakaan desa di desaku.

Perpusdes Sumber ilmu

Pada tanggal 20 Maret tahun 2017 para pengurus perpustakaan kami di undang untuk mengikuti pelatihan "Pengembagan perpustakaan desa, Perluasan transformasi perpustakaan desa sebagai pusat belajar masyarakat yang berbasi teknologi informasi dan komunikasi". Program ini diadakan oleh Perpuseru dan Perpusda Kabupaten Purworejo yang di seponsori oleh Coca-Cola Fondation.

Dari pelatihan ini sedikit banyaknya memotivasi saya untuk semakin giat lagi dalam mengembangkan perpustakaan desa. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari perpustakaan.Seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan manusia di era modern ini perpustakaan kini beralih fungsi. Berikut ini fungsi perpustakaan di era modern:

  1. Sebagai temapat mendapatkan wifi gratis
    Wifi gratis merupakan alasan lain yang mendorong untuk pergi ke perpustakaan. Tidak dapat di pungkiri lagi, sekarang informasi dan teknologi yang semakin maju memaksa manusia untuk mau tidak mau mengikuti perkembangan jaman. Sekarang akses internet sangat penting bagi masyarakat, karena dengan akses komputer kita dapat membaca berita, menonton film, komunikasi dengan video dan lain sebagainya.

    Sekarang ini sudah banyak perpustakaan yang menyediakan wifi gratis. Hadirnya wifi di perpustakan menurut saya adalah strategi meningkatkan pengunjung perpustakaan yang paling efektif.
  2. Tempat untuk mengerjakan tugas
    Perpustakaan dapat menjadi tempat mengerjakan tugas. Biasanya jika mendapatkan tugas dari guru/dosen maka siswa/mahasiswa memilih mengerjakan di perpustakaan. Selain lebih bisa berkonsentrasi pada pengerjaan tugas karena perpustakaan tempatnya tenang untuk mengerjakan tugas dan apabila memerlukan referensi tidak perlu bingung mencari kemana-mana karena sudah tersedia di perpustakaan.

  3. Tempat untuk mengembangkan bakat
    Perpustakaan adalah tempat mencari referensi. Di perpustakaan disediakan berbagai macam jenis buku. Kita dapat mengembangkan bakat kita dengan cara mencari buku referensi sesuai dengan bakat yang kita miliki dari perpustakaan.

    Seperti perpustakaan desa "Sumber ilmu" di desa saya juga berperan dalam pelatihan ketrampilan seperti: membuat tas, menjahit dan yang baru-baru ini membauat kerajinan tangan dari bungkus kopi. Siapa saja yang mau mengikuti kegiatan pelatihan ini di perbolehkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar